12.10.14

Flanel Berkelas Flavy Craft



Mengandalkan flanel sebagai material utama dalam karya-karyanya, Flavy Craft ingin membuktikan bahwa flanel bukanlah material murahan yang tak mampu menghasilkan karya-karya berkelas. Tentu, dengan segala kreativitas dan inovasi yang dimilikinya, Flavy Craft berhasil membuktikan bahwa pernyataannya tersebut bukanlah sesumbar tanpa dasar.




Hai… Karya-karya apa aja nih yang dibuat Flavy Craft?
Hai juga… Sebenarnya cikal bakal karya Flavy Craft itu handmade yang berbahan flanel, antara lain boneka, topping penghias toples, cover kotak tissue, rangkaian huruf, dan lain-lain. Dari sekian banyak karya Flavy Craft yang paling banyak diminati adalah rangkaian huruf dan personal frame. Personal frame karya Flavy Craft ini semacam scrapbook tapi mayoritas bahannya dari flanel. Sedangkan rajutan dan kreasi perca juga mulai dibuat sebagai pengembangan Flavy Craft.


Sejak kapan nih Flavy Craft bergerilya dengan dunia handmade, hehe… Apa pemicu utamanya?
Hahaha....kalau handmade things sudah lama jadi kegemaran saya tapi sebagai mesin uang baru mulai awal 2012 dan 95% saya mengandalkan sistem online dengan modal blog gratisan, FB, dan smartphone. Pemicunya klise, karena ingin bisa banyak waktu dengan anak-anak, jadilah berpikir untuk wirausaha di bidang yang memang adalah hobi saya.


Apa hal paling menantang yang Mbak temukan sehingga terus menjalani dunia kreatif bersama Flavy Craft?
Tantangan yang paling bikin saya semangat adalah bagaimana mengubah image kreasi flanel itu sebagai kreasi yang berkelas, bukannya kreasi yang pasaran. Seperti kita ketahui, kalau bahan flanel itu kan dianggap murah, kurang awet, kurang bernilai, dan hanya jadi bahan prakarya anak-anak SD. Mayoritas menganggap kreasi flanel itu mudah banget dibuat bahkan anak SD aja bisa. Naaah... Itulah tantangan penyemangat saya untuk menaikkan citra flanel sehingga kreasi flanel Flavy Craft layak menjadi bagian dari dekorasi rumah dan bagian dari moment istimewa para customer Flavy Craft.


Flavy Craft sendiri punya strategi seperti apa nih untuk mempertahankan pembeli setia dan menggaet pembeli baru?
Sederhana saja, saya selalu menghargai sisi personal setiap customer saya dengan mengumpulkan data apa saja yang jadi kebutuhan dan keinginan mereka terhadap hasil karya Flavy Craft yang hendak mereka pesan. Saya juga menghargai kepercayaan mereka dengan cara bekerja secara tepat waktu. Selain itu, secara rutin Flavy Craft juga menghadirkan kreasi-kreasi baru.

Apa kelebihan yang ada dari setiap karya Flavy Craft?
Hmmm...apa ya? Menurut saya kelebihannya sisi personal customer yang diutamakan. Contohnya kreasi personal frame di mana customer bisa request tema sedetil mungkin sesuai kebutuhan mereka. Kalau menurut customer-customer Flavy Craft kelebihannya di hasil karya yang rapi dan halus.




Keinginan terbesar yang hendak dicapai oleh Flavy Craft?
Keinginan terbesarnya... Ingin diliput media, ingin punya galeri dan workshop yang bisa mencetak crafter usia belia, ingin jadi top brandnya kreasi flanel.   
(Nugraha Sugiarta)

3 komentar:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails