26.9.14

Kreasi Seru Saung Craft



Perempuan yang satu ini punya kecintaan dan kegiatan berhandmade yang sangat padat. Di samping mengembangkan usahanya yang dinamai Saung Craft, ia pun aktif pula menjadi tutor oshibana (seni menghias bunga yang telah di press) di berbagai lembaga pendidikan. Psst... bahkan bukunya yang berisi tentang oshibana ini telah diterbitkan.

Kenapa namanya Saung Craft? Ada apa nih dengan saung? Hehe…

Akun FB saya tadinya Sri Alderina saja. Karena saya senang membuat macam-macam craft, mengajarkan kepada anak-anak, lama-kelamaan saya memberikan workshop di rumah. Akhirnya saya kepikiran pengen bikin dan  punya tempat yang cukup luas serta nyaman  untuk anak-anak berkreasi. Muncul ide  saung untuk namanya karena semua anak saya bersekolah di Sekolah Alam Indonesia dimana semua ruang kelasnya berupa saung, bangunannya semua dari kayu dan beratapkan rumbia. Kata-kata saung lebih down to earth, kesannya lebih bersahabat dan santai  di mana anak-anak bebas berkreasi sesuai dengan kreativitas dan imajinasinya. Enggak mesti duduk diruangan yang ada kursi, pintu dan jendela. Tiada sekat, cukup lesehan saja. Pokoknya asyik, seru, aman  dan nyaman banget buat anak-anak.




Apa aja nih karya yang dibuat oleh Mbak Sri dengan Saung Craft-nya?

Selama ini Saung Craft lebih cenderung memberikan workshop yang sesuai untuk dunia anak-anak, dalam artian cara membuat produknya mudah diikuti, bahan bakunya mudah didapat, dan hasil karyanya dapat difungsikan, tidak hanya untuk dipajang doang. Karya yang sudah dibuat antara lain celengan dari bekas kemasan kemudian dihias kain flanel, gelang dari pita/benang menggunakan pattern makrame dan kumihimo, washi ningyou (boneka jepang berupa bookmark, card, keychain holder, dan lain-lain), oshibana (seni menghias bunga press dari jepang, berupa card, agenda, bookmark, hanging wall decoration, dan lain-lain, kokoru (membuat macam-macam bentuk dari corrugated paper), bikin gelang dari karet, Kinchaku (kantong  kain berbagai ukuran ala Jepang) untuk dipakai sehari-hari dan untuk gantungan hp atau tas, dan bikin bros sulam bahan dasar flanel dan benang sulam rajutan.




Aku lihat di FB-nya ada tentang komunitas Oshibana. Makhluk apa lagi nih Mbak? Terangin dong tentang aktivitasnya yang satu ini…

Jadi bunga-bunga segar kita petik, di press menggunakan alat press khusus dengan tehnik dari Jepang, disimpan dengan maintain khusus, baru kemudian dapat digunakan untuk menghias berbagai macam benda berupa cover agenda, buku, album foto, card, bookmark, pin, liontin, keychain, frame art, dan lain sebagainya.



Oh ya. Apa yang terlintas di benak Mbak Sri ketika mendengar kata “handmade” dan “semangat”?

something so special, karena dibuat manual dengan tangan, takes time to create, limited edition, orisinil, full of love karena yang bikin mestinya orang yang punya passion dan cinta pada setiap produk yang dibuat, bukan produk massal buatan mesin. Kalau semangat itu full of energy, feeling so blessed, ready to get challenge no matter what happen...



Menurut Mbak Sri, apa cara paling manjur yang harus dilakukan agar karya-karya kita tetap dilirik oleh konsumen?

Caranya never copy paste anyone produc, don't be a plagiator, keep on search new idea for product variaties, keep learning from all resource (book, people, magazine, web, the fenomena around us), keep creating, experiment and trying something new, keep in touch sama konsumen dengan berbagai  cara seperti via socmed, phone, email, off air, dan lain-lain.



Saung Craft sendiri punya mimpi seperti apa nih berkaitan dengan dunia craft?

Pengen punya tempat sendiri untuk kegiatan craft anak-anak berupa saung yang luas dan nyaman, sehingga anak-anak menjadi lebih tertarik untuk bikin craft daripada games online, internetan, main gadget, dan dunia  seputar itu deh... Pengennya punya link dengan mall-mall besar, sekolah-sekolah, perusahaan dan instansi jadi saung craft menawarkan program workshop untuk mengisi liburan, family gathering, atau event di sekolah untuk lebih menggaungkan dan bikin anak-anak serta ortu lebih cinta craft dan sesuatu yang handmade daripada mainan pabrikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails