12.9.14

Arla Gift Shop dan Bisnis Berbalut Hobi



Seorang crafter harus memiliki rencana bisnis yang tertata. Demikian salah satu pendapat penting yang disampaikan oleh crafter yang satu ini. Ya, kreativitas berkarya dan juga strategi marketing memang penting, tak bisa dipungkiri. Tentu bisnis tak serta merta menutup segala celah inovasi. Buktinya dapat terlihat dari karya-karya Arla Gift Soft, tetap idealis, menarik, sekaligus menambah pundi-pundi rupiah.

Variatif banget nih karya-karyanya. Apa ajakah sebenarnya craft yang dibuat oleh Ammur dengan Arla-nya?
Arla Gift Shop itu berjualan berbagai produk kerajinan tangan dan suvenir dari dalam dan luar negeri. Jadi nggak semua produk kreasi saya pribadi. Produk kerajinan yang karya saya sendiri berupa kreasi kerajinan dari bahan goni warna-warni. Produknya antara lain Funky Ethnic Bag (Tas santai), Funky Pretty Pouch (Tas kecil), Funky Goody Bag (Tas untuk bingkisan ultah dengan bentuk lucu), Funky Pencil Stand (Tempat Stationery), Funky accessories (Gelang dan bros), Funky Untensils Holder (Sarung untuk Sendok Garpu), Funky Placemat (Alas piring) dan lain-lain. Lalu ada pula produk aksesoris gelang dan kalung etnik  menggunakan berbagai manik-manik.

Apa yang menarik dari karya-karya Arla? Keunikannya apa nih?
Semua produk Arla’s Art yang berbahan dasar bahan Goni warna-warni masih sangat jarang. Kesan etnik dan uniknya terasa. Sementara produk aksesoris selain yg berbahan goni keunikannya yaitu lebih berkesan santai, tidak monoton mengikuti pola yang sama berulang-ulang dalam penyusunan manik-manik, bahkan sering menggunakan efek asimetris sehingga dalam satu gelang bisa langsung terlihat keunikannya.



Apa nih tips spesial dari Ammur sehingga bisa terus produktif dalam berkarya…
Luangkan waktu khusus setiap hari untuk mencari inspirasi, bisa dari internet ataupun majalah, koran. Kunjungi situs-situs kerajinan tangan. Bisa juga mengunjungi pameran-pameran atau toko kerajinan tangan untuk benchmark. Selain itu, bentuk atau ikuti komunitas kerajinan tangan yang banyak sharing karya mereka, sehingga mood untuk berkreasi dapat terus terangkat. Fokuskan tujuan kita dalam berkreasi motivasinya untuk apa? Agar teringat-ingat terus maka tujuan kita harus kita tulis dan baca ulang terus.

Ammur sendiri sudah sejak kapan nih berkecimpung di dunia handmade? Apa sih yang menarik dari dunia handmade menurut Ammur?
Kalau berkecimpung di dunia handmade untuk berbisnis yaitu sejak 2009. Namun ketika kecil, saya dan kakak sering membuat kartu ucapan yg dihias bunga-bunga kering, lalu nanti kami jual. Yang menarik? Produk handmade itu seperti tanda tangan, jadi berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Lalu produk handmade itu dibuat dengan sepenuh hati oleh pengrajinnya. Dari proses pencarian ide, pencarian materialnya untuk menterjemahkan ide dalam sebuah produk, sampai proses trial and errornya. Bongkar pasang produk yang kadang harus berulang-ulang hingga mencapai hasil yang memuaskan. Jadi kreasi handmade yang bukan mass production sudah pasti sangat unik dan spesial.

Oh ya. Apa nih konsep yang diusung dari tiap-tiap karya yang adai di Arla?
Kalau konsep yang diusung untuk karya yang saya buat sendiri yaitu Funky Craft.  Jadi produk kerajinan saya bersifat santai ataupun rileks, tidak terlalu baku pada aturan-aturan, sehingga produknya lebih ekspresif. Konsep dasar dari seluruh produk di Arla Gift Shop baik kreasi saya maupun kreasi orang lain yaitu unik dan beda. Jadi meskipun produk handmade banyak yang pasaran, kami buat dengan gaya berbeda.


Menurut Ammur, apa kesulitan terbesar yang kerap dihadapi oleh para crafter dan gimana cara mengatasinya?
Dalam produksi, crafter sering bekerja berdasarkan mood sehingga sering berlawanan antara mengerjakan target pesanan berdasarkan mood dengan mengerjakan produk tanpa pesanan. Hal ini menyebabkan tidak konsistennya crafter dalam pembuatan produknya. Saran saya yaitu silahkan terima pesanan namun pesanan  itu berkaitan dengan jumlah produk yang dipesan. Crafter tersebut mutlak harus belajar bisnis. Bagaimana membuat business plan, bagaimana berpromosi, bagaimana membuat rencana marketing, bagaimana membuat monitoring, bagaimana menghasilkan produk yang memiliki nilai jual dan laris di pasaran dan sekaligus meluangkan waktu untuk memproduksi karya-karya itu sendiri.

Target yang ingin diraih Ammur dengan Arla-nya nih?
Arla Gift Shop memiliki visi suatu hari produk kerajinan lokal menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan bisa menjadi produk favorit di pasar internasional. Sementara target jangka pendek kami yaitu dapat meningkatkan volume penjualan dengan berbagai cara seperti menambah ‘lapak-lapak’ di marketplace, menambah jalur distribusi seperti titip jual di galeri atau toko kerajinan tangan. Jadi kami harus bisa menjadi supplier kerajinan, berbisnis secara B2B (business to business) yaitu menjual produk untuk dijual lagi. 

1 komentar:

  1. Hallo Tobucil.. Salam kenal :) Aku crafter dari Bondowoso, Jawa Timur
    Mampir ke blog aku yuk http://pipipocraft.blogspot.com/

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails