29.8.14

Warna-Warni Happy Pelangi



Sesuai namanya, meski tak selalu berwarna warni, karya Happy Pelangi memang selalu seperti pelangi, indah dan selalu menarik untuk dilihat. Senang dengan menjalin persahabatan bersama para crafter lainnya, Happy Pelangi mengaku justru banyak mendapat pengetahuan tentang handmade yang mungkin tidak dapat ditemui di tempat belajar atau kursus apapun. Nah, mari kita tilik indahnya pelangi Happy Pelangi!

Pernak-pernik flanel seperti apa yang dibuat oleh Happy Pelangi? Selain Flanel, apa lagi nih yang dibuat oleh Mbak Yeni?
Saya suka membuat apa saja. Sewaktu belum menjual karya saya, saya kerjakan sesuai mood. Tapi sekarang lebih banyak dipengaruhi selera pasar dan permintaan pelanggan mulai dari bros, gantungan kunci, toples, tempat tissue, bantal, kaos, frame, cover buku, tempat pensil, jepitan, bando, miniatur makanan, aneka boneka flanel, dan lain-lain. Sekarang saya banyak bereksperimen dengan bahan lain, seperti katun, brokat, jean, dan sebagainya. Sebagian besar dalam bentuk modifikasi dengan flanel. Saya juga membuat karya yang 100% non flanel, tapi belum dipasarkan karena sekarang Happy Pelangi masih fokus di flanel sebagai bahan dasarnya.

 
Namanya ada pelangi, kayaknya warna-warni banget nih, hehe… Apa ciri utama dari setiap karya Mbak Yeni dengan Happy Pelangi-nya?
Saya suka sekali dengan hujan dan pelangi. Saya suka bermain dengan warna dalam tiap karya saya. Tabrak warna sana-sini sangat menyenangkan, hehe… Tapi tidak semua karya saya penuh warna kok, ada juga beberapa yang tampil sangat simple dan elegan dengan warna yang soft, gelap, bergantung tema dan peruntukannya. Selain itu, saya juga suka keberagaman, seperti pelangi kita indah dalam perbedaan, dan mudah-mudahan keindahan itu membawa kita pada kebahagiaan. Saya rasa setiap crafter punya ciri khusus yang membedakannya dengan crafter lain. Saya selalu berusaha menghasilkan karya yang berbeda, kalaupun terinspirasi dengan karya crafter lain misalnya, saya akan berpikir keras bagaimana agar kreasi tersebut menjadi berbeda ditangan saya. Karya saya selalu rapi dan detail. Detail penting sekali buat saya, saya tidak akan puas kalau tidak detail, tidak rapi, tidak proporsional, dan lain-lain. Saya termasuk perfeksionis dalam berkarya. Banyak juga orang yang menganggap karya saya terlalu ribet. Bukannya saya tidak suka yang simple, tapi itulah saya, crafter yang masih harus terus belajar, hehe…

Karyanya Mbak Yeni kan beragam banget nih, mulai dari boneka sampai bando. Apa tips spesialnya nih biar bisa terus berkarya dan enggak kehabisan ide?
Saya meyakini salah satu hal yang tidak akan habis walau terus dikeluarkan adalah ide. Semakin sering kita mengeluarkan ide baru, semakin besar kemampuan otak kita untuk menghasilkan ide-ide baru berikutnya. Untuk mengeluarkan ide baru yang bagus adakalanya kita perlu "pancingan", salah satunya dengan cara mencari inspirasi. Bisa dari mana saja, misalnya googling, blogwalking, buku, majalah, jalan-jalan ke pasar, taman, dan sebagainya. Tapi ide bisa datang dimana saja dan kapan saja tanpa perlu mencari inspirasi, nah kalau begini rajinlah menyiapkan catatan kecil. Tulis dan gambar sket sederhana dari ide yang tiba-tiba muncul, supaya tidak lupa. Percayalah catatan kecil seperti ini yang bisa dibawa kemana-mana sangat bermanfaat, saya sendiri sering berkarya dengan sumber ide tiba-tiba seperti ini.

Hal paling menarik yang pernah Mbak jumpai selama aktif menjadi crafter?
Saya sangat bersyukur menjadi seorang crafter. Semua hal yang berhubungan dengan craft adalah hidup saya, passion saya. Semuanya menarik dan menyenangkan. Tapi hal yang paling menarik yang saya jumpai adalah begitu banyak crafter berhati baik yang tidak segan-segan meluangkan waktu, tenaga, biaya untuk sharing pengetahuan dan pengalaman yang mereka punya kepada orang lain. Mereka sadari atau tidak banyak kehidupan yang berubah dan terangkat lebih baik berkat kemurahan hati mereka untuk share. Saya adalah salah satu crafter yang lahir dari hasil mempelajari berbagai ilmu dan pengalaman yang dishare oleh crafter-crafter hebat tersebut. Saya tidak pernah mengikuti kursus atau pelatihan tertentu. Saya belajar banyak sekali dari mereka, mulai dari teknik keterampilan, pemasaran, sampai pelajaran-pelajaran penting tentang kehidupan. Saya hanya bisa mengucapkan terimakasih banyak, dan keberadaan mereka sangat berharga buat saya. Karena itulah saya berusaha mengikuti jejak mereka dengan sedikit berbagi ilmu dan pengalaman yang saya punya di blog saya, di facebook, dan lain-lain.


Apa sebenarnya pelecut yang membuat Mbak Yeni bisa terus berkarya tanpa kenal henti?
Pelecut yang paling penting untuk terus mendorong saya berkarya adalah rasa cinta pada dunia craft. Passion saya disini. Berkreasi adalah candu buat saya. Saya selalu ketagihan, ingin lagi, lagi, dan lagi berkreasi membuat sesuatu yang baru. Ada sensari rasa bahagia yang saya rasakan saat berkreasi. Adrenalin saya terpacu saat bentuk kreasinya menantang, membuat saya terus deg-degan, penasaran dan saya menikmati rasa itu yang sering membuat saya lupa waktu dan lupa hal-hal yang lain, hehe…

Apa nih cita-cita yang ingin diraih Mbak Yeni dengan Happy Pelangi?
Suatu saat dengan ijin Allah tentunya, saya ingin agar Happy Pelangi bisa menjadi sebuah usaha mandiri yang maju, dikenal lebih banyak orang, menghasilkan karya yang jauh lebih bagus lagi, dengan manajemen usaha yang tertata dengan baik, dan memberi banyak manfaat untuk diri saya, keluarga, dan orang-orang lain. Saya juga ingin punya kesempatan untuk berbagi ilmu keterampilan tangan kepada anak-anak dan remaja yatim/piatu, anak-anak jalanan, mereka yang hidup dengan kebutuhan khusus, dan lain-lain secara gratis, semoga bisa membawa sedikit manfaat untuk mereka. Aamiin ya Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails