8.8.14

Rasa dalam Karya Bilqis Craft

Membuat berbagai jenis karya handmade berbahan dasar flanel, Erypurwaty Kusumaningtyas sang penggagas Bilqis Craft mempelajari semuanya secara otodidak. Segala macam permintaan pembeli dengan ragam gambar yang begitu rupa dibuatnya dengan penuh semangat. Bermain perasaan agar gambar yang diinginkan dapat terlihat hidup, demikian jelasnya singkat.

Aksesoris seperti apa aja yang dibuat oleh Bilqis Craft?
Pada dasarnya semua produk Bilqis Craft adalah by order, jadi kita melayani apa pun yang di minta para pembeli seperti gantungan kunci, gantungan hp, ikat rambut, bros. Selain itu, ada juga sampul buku, bookmark, dompet flanel, tas flanel, kaos flanel. Semuanya kebanyakan berbahan baku flanel dan jangkauan segmennya juga ke usia anak sekolah jadi yang disediakan adalah pernak-pernik yang diminati dan sering dipakai anak-anak. Semuanya jahit tangan ya kecuali tas flannel di jahit mesin. Tapi untuk aplikasi gambarnya (flanel) tetap jahit tangan dan sekarang sudah mulai juga ikutan bermain-main di kain katun dengan produk seperti tas dan mukena dengan tetap menambahkan aplikasi flanel sebagai daya tariknya. Produk unggulan Bilqis Craft adalah kaos flannel, kaos dengan aplikasi gambar dari flanel yang dijahit tangan. Ini pun gambarnya bisa menyesuaikan permintaan customer.

Mbak Ery sendiri belajar dari mana nih berhandmade sampai bisa bikin Bilqis Craft?
Hehe… Sepertinya otodidak saja dari buka-buka buku craft dan tertarik mencobanya akhirnya keterusan sampai sekarang. Di samping itu juga enggak segan tanya-tanya ke teman. Sebisa mungkin browsing di youtube, pinterest, web-nya orang bule yang biasanya enggak pelit kasih tutorial. Awal mulanya saya dengan teman membuat sandal flannel, kemuadian kita berpisah dan saya mulai usaha bikin produk dengan pake nama Bilqis Craft ini .Kalau untuk membuat aplikasi gambar flanelnya biasanya search di google gambar yang diinginkan pembeli,baru kita eksekusi gambarnya di atas kain flanelnya. Main perasaan saja, sebisa mungkin agar gambar bisa kelihatan hidup.

Gimana cara paling efektif yang dilakukan oleh Mbak Ery sehingga bisa terus konsisten berhandmade?
Sekarang masanya internet. Menurut saya berpromosi lewat internet adalah cara yang efektif sekali. Dengan begitu kita bisa mengenalkan karya kita dengan jangkauan yang lebih luas. Menguntungkan dari segi pemasaran.Selain itu juga bisa mencari sesuatu yang baru sehingga bisa menggali ide-ide baru dan bisa terus berinovasi.karena saya suka bosan kalau disuruh membuat suatu pola gambar yang sama. Pengennya mesti ada yang berbeda dari bikinan yang dulu jadi biar customer kaos flanel saya enggak selalu disuguhi dengan gambar yang itu-itu aja.


Kelebihan yang dimiliki oleh karya-karya Mbak Ery dengan Bilqis Craftnya?
Kalau menurut testimoni beberapa pembeli, untuk kaos flanel, gambar yang dibuat sangat mirip dengan gambar aslinya karena saya suka sekali dengan sesuatu yang detil dan berusaha membuat semirip mungkin dengan gambar pola gambar yang diajukan. Selain itu, saya berusaha menjaga agar jahitannya bagus, rapi, dan kuat walaupun cuma jahitan tangan. Demikian juga dengan produk aksesoris lainnya.


Mbak Ery sendiri gimana melihat peluang handmade sebagai salah satu bentuk usaha?
Saya melihat peluang usahanya masih terbuka luas secara dunia craft adalah dunia tanpa batas meskipun banyak crafter membuat produk yang sama tapi tiap orang pasti punya ciri khasnya sendiri yang menjadi daya tarik dan kekuatan produknya. Tinggal kita sendiri mau meningkatkan, mengasah kemampuan kita, atau mau tetap jalan di tempat aja.

Pencapaian yang ingin diraih Bilqis Craft di masa depan?
Mungkin ga muluk-muluk. Pengennya sih karya-karya Bilqis Craft lebih bisa dikenal masyarakat jadi cuma lihat barangnya orang lsg tahu ini produknya Bilqis Craft, ada ciri tersendiri dari produknya dan tentunya bisa lebih besar omzetnya dengan harapan bisa memberikan manfaat berlebih juga bagi para partner kerja saya.


1 komentar:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails