15.8.14

Pesona Elegan Craftalova



Nun jauh di ujung pulau Sumatera, Ayu Ovira, dengan segala kemampuannya tak pernah berhenti untuk terus berkarya meski tak memiliki kemewahan berlebih seperti saya yang tinggal di pulau Jawa. Ya, dengan bahan baku yang serba terbatas, justru semangat Ayu bersama Craftalova terus menyala seakan hendak menyampaikan pesan-pesan penuh kreativitas dari bumi serambi Mekah.






Hallo Mbak Ayu… Ceritain dong pergerakan handmade dan keseruannya di Banda Aceh sana, hehe…
Wah... kalau di Banda Aceh pergerakan handmade sepertinya tidak semeriah di kota-kota besar lainnya di Indonesia ya, tapi tetap seru. Geliatnya mulai terasa, meski belum ramai. Jika ada bazaar dan workshop yang berkaitan kreasi handmade, meskipun masih sangat jarang, peminatnya tetap ada dan cenderung meningkat. Hanya saja kendala yang sangat terasa bagi kami di kota kecil seperti ini adalah kurangnya ketersediaan bahan baku untuk berkreasi. Jika pun ada, harganya masih lebih tinggi dibanding daerah lain.


Oh ya, sejak kapan Mbak Ayu aktif berhandmade dengan Craftalova-nya?
Mulai aktif dengan Craftalova sejak Oktober 2012. Saat itu saya mulai dengan membuat blog, tak lama kemudian untuk bisa lebih komunikatif membuat juga FB pagenya sebagai online shop dan FB grup sebagai sarana belajar yang interaktif antara teman-teman sesama crafter yang memiliki minat sama berkreasi dengan kain.


Gimana nih kisahnya kok sampai bisa serius di dunia handmade…
Sejak menikah dan punya anak, saya memutuskan untuk melakukan sesuatu yang sesuai dengan minat berkreasi saya dan bisa menghasilkan tapi tanpa meninggalkan kewajiban saya mengurus keluarga. Teknologi online sekarang sangat membantu bagi ibu rumah tangga seperti saya yang ingin bekerja dan terus berkarya tapi tanpa meninggalkan rumah.


Apa aja karya-karya yang dibuat Mbak Ayu di Craftalova?
Karya-karya saya seputar kreasi kain yang simple seperti tas dan dompet untuk wanita. Selain itu saya menyertakan cerita di setiap karya yang saya hasilkan berupa proses di balik pembuatannya maupun tutorial cara membuatnya. Semua saya tuangkan kisahnya di blog Craftalova.

Kalau aku lihat, karya-karya Mbak Ayu tampak kalem dari warna dan elegan. Sebenarnya, apa konsep dari setiap karya yang diusung oleh Craftalova?
Oh ya? Hehe... mungkin karena saya orangnya kalem ya, jadi tercermin dari pilihan warna-warna yang saya gunakan pada setiap karya saya. Konsep yang saya gunakan pada setiap karya saya adalah sesuatu yang simple and stylish. Sederhana namun tetap bergaya. Tak ketinggalan dengan ciri handmadenya yang limited dan one of a kind yang ingin saya sampaikan dari konsep yang saya usung. Sebenarnya saya masih harus banyak belajar, berlatih dan mencoba-coba dan dari apa yang saya pelajari ingin saya berbagi pengalaman melalui karya yang saya buat, bagaimana proses suatu karya handmade itu dibuat dan dari bahan apa saja sehingga dapat menginspirasi para penyuka handmade yang lain untuk mencoba membuat sendiri kreasi handmadenya. Saya ingin menyebarkan rasa dan sensasi kesenangan jika kita bisa membuat sendiri kreasi yang kita gunakan sehari-hari, terutama bagi para wanita, seperti membuat tas, dompet, atau kreasi rumah tanggal lainnya.

Menurut Mbak Ayu, seberapa besar pengaruh lingkungan terhadap semangat seseorang untuk berhandmade?
Ya tentu saja pengaruh lingkungan sangat besar. Terutama dukungan dari keluarga. Alhamdulillah keluarga selama ini mendukung. Apalagi kalau sudah bergabung dan saling berinteraksi dengan teman-teman seminat, pengaruhnya sangat terasa di dalam semangat kita untuk berkarya. Apresiasi sekecil apapun yang kita dapatkan merupakan dukungan untuk berkarya lebih baik dan lebih baik lagi. Namun yang utama adalah apresiasi kepada diri kita sendiri, karena semua dimulai dari diri sendiri.

Harapan terbesar yang dimiliki Mbak Ayu dengan Craftalovanya?
Saya berharap dapat bermanfaat bagi banyak orang dan semoga melalui kisah dan karya saya dapat menjadi inspirasi untuk berkarya. Saya berharap melalui Craftalova, ilmu dan pengalaman yang saya bagikan melalui kreasi yang saya hasilkan dapat bermanfaat dan menginspirasi banyak orang untuk berkarya dan membuat kreasi handmadenya sendiri.


(Nugraha Sugiarta) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails