15.8.14

Cerahnya Batik Aceh

Selama ini kita mengenal batik sebagai sebuah kekayaan budaya yang banyak bertebaran di tanah Jawa. Meski demikian, batik sudah barang tentu bukan monopoli Jawa semata. Ternyata, di tanah rencong Aceh pun dikenal batik yang telah memiliki sejarah panjang dan memiliki pula ciri khas tersendiri.

Batik asal Aceh sendiri umumnya bermotifkan unsur alam dan budaya dengan dominasi warna-warna cerah seperti merah, kuning, atau hijau. Adapun batik Aceh sendiri memiliki makna filosofi yang berkaitan dengan kepribadian serta pedoman hidup masyarakat Aceh. Misalnya saja motif batik pintu yang secara filosofis menggambarkan ukuran pintu rumah yang rendah. Ini memiliki arti bahwa masyarakat Aceh sangat berhati-hati ketika sedang berhadapan dengan orang asing. Namun, ketika sudah saling mengenal, masyarakat Aceh akan menganggap siapapun yang dikenalnya itu seperti saudara kandung sendiri.

Terdapat beberapa motif batik yang cukup terkenal dari Aceh. Motif pintu seperti yang dijabarkan di atas, misalnya. Lalu ada pula motif tolak angin, Tentu ini tidak ada hubungannya dengan obat masuk angin, motif yang satu ini memiliki makna bahwa masyarakat Aceh cenderung mudah menerima perbedaan di antara sesamanya. Bentuknya sendiri menggambarkan ventilasi yang ada pada rumah adat Aceh. Lalu ada pula motif bungong (bunga) jeumpa. Sesuai namanya, batik ini ingin menyampaikan tentang bunga jeumpa yang memiliki bentuk yang sangat indah. Motif ini biasanya bernuansa natural dengan warna alam.

Satu yang menjadi ciri Aceh dan tak ketinggalan menjadi salah satu motif batiknya adalah rencong. Mengikuti bentuk senjata rencong yang mengandung makna kata basmallah, bentuk senjata rencong diaplikasikan ke dalam batik Aceh. Adapun batik-batik ini sendiri digunakan dalam berbagai segi kehidupan masyarakat, baik dalam suasana formal ataupun non formal. Selain diaplikasikan dalam busana, batik Aceh juga banyak diaplikasikan pada selendang, mukena, tas, taplak meja dan beragam keperluan sehari-hari lainnya.

(Nugraha Sugiarta)

1 komentar:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails