4.7.14

Vtree Flanel dan Kreativitas Tanpa Henti



Pecinta flanel yang satu ini mengaku jatuh cinta pada flanel karena corak warna-warninya yang begitu menggoda. Selain itu, Fitri Amelia, sang penggagas Vtree Flanel ini, pun menikmati proses berkreasinya dengan terus melahirkan inovasi dari pesanan-pesanan para konsumen yang tak berhenti berdatangan.

Karya flanel apa aja nih yang dibuat Fitri?
Fit suka yang  berbahan flanel sama katun, kalo yang dibuat seperti kaos aplikasi flanel, assesories, plushie, cushion/bantal peluk.

Kenapa milih flanel dan katun. Apa sih yang menarik dari bahan itu?
Karena suka menjahit dengan mesin jahit, jatuh cinta sama flanel karena warna-warnanya yang  banyak, kalau katun motifnya beraneka. Bahan-bahan tersebut juga paling enak dijahit tangan maupun mesin.


Apa nih hal paling unik dari karya-karya kamu?
Karena setiap karya yang dibuat melalui made by order. Saya ingin setiap karya yang diorder bisa memuaskan selera konsumen, tentunya dikerjakan dengan hati sehingga saya pun sangat puas saat karya tersebut berhasil diselesaikan. Dan yang  paling disuka saat konsumen request untuk dibuatkan sesuatu dan hal  itu adalah baru bagi saya. Itu adalah kesempatan saya untuk bisa berinovasi.

Oh, ya.  Fitri udah sejak kapan nyemplung ke dunia handmade?
Tahun 2011 bikin untuk sendiri dan temen-temen deket aja karena dasarnya hobi, belajar otodidak. Termotivasi mendalami saat seorang teman fb ngajak ketemuan dan sharing ilmu, terus diajak bergabung ke grup Barter yang suka ngadain kopdar dan workshop enam bulan sekali karena anggotanya antar benua alias banyak di luar bandung,  hehe…



Hehe antar kota dalam provinsi kayak bus dong. Nah, Fitri sendiri ngeliat kondisi dunia handmade lokal saat ini kayak gimana nih?
Hehe, bisa jadi. Kondisi dunia handmade saat ini berkembang dengan banyaknya peminat yang mengagumi karya handmade dan semakin diberdayakannya pelaku-pelaku craft oleh pemerintah setempat dengan banyaknya pelatihan. Yang  paling penting dari menyalurkan hobi bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, bahkan banyak dari teman-teman crafter yang menggantungkan hidup dari hasil craft termasuk saya, hehe…

Nah, gimana cara paling efektif biar karya kita terus dilirik pembeli?
Lebih sering latihan dan menghasilkan karya bisa mengasah diri untuk terus berinovasi. Tentunya harus selalu mau belajar, meskipun crafter lain bisa menghasilkan karya yang sama tapi pasti ada ciri khas yang akan membedakan dengan crafter lain.

Gagasan terbesar Fitri dengan Vtree Flanelnya?
Gagasan terbesar dari Vtree Flanel untuk pribadi adalah saat saya terlampau bersedih setelah anak saya meninggal… Alhamdulillah kesibukan ngecraft bisa sedikit mengobati kesedihan tersebut, keinginan lebih produktif justru disaat kehilangan semangat. Untuk orang-orang disekitar saya alhamdulillah bisa sedikit berbagi penghasilan tambahan sembari ngemong anak di rumah walaupun masih terbatas orderan. Senang kalau bisa berbagi…




1 komentar:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails