18.7.14

Coretan DinArt



Siapa bilang corat-coret tak ada gunanya. Setidaknya perempuan yang satu ini membuat beragam karya menakjubkan melalui coretan-coretan kece nan unik yang dibuatnya. Dinar Safitri sang penggagas DinArt memang sudah sejak lama hobi menggambar. Melalui hobinya ini, gambar-gambar tersebut diaplikasikan pada berbagai benda-benda sehingga menjadi sebuah karya yang menarik untuk ditilik.

Karyanya tampak lucu-lucu, apa aja sih sebenarnya yang dibuat oleh Dinar?
Terima kasih sudah dibilang lucu. Yang saya lakukan sebenarnya sederhana. Hanya corat coret. Namun corat coretnya diaplikasikan ke berbagai benda. Alhasil corat-coret saya terbentuklah piring hias, boneka kayu, gelas, mangkuk, kertas , dan lain-lain.


Aku lihat di FB-nya dibilang dinART dibagi dua bagian,Doodler dan Handmader. Gimana nih maksudnya, hehe…
Oh ya, jadi sebelum saya sangat ketagihan corat coret (doodle), saya suka membuat aksesoris (handmade) dari kain seperti jepit, bros, headband, dan lain sebagainya. Nah, dulu produk yang saya hasilkan,  itu adalah karya corat-coret (doodle) dan aksesoris (handmade). Namun dulu, karya doodle saya lebih untuk lomba art. Jadi berupa karya di atas kertas A3 atau A4 yang dilombakan lalu dipamerkan. Tapi sekarang saya lebih menggembangkan karya doodle saya yang aplikasinya lebih ke home decor dan alat kantor  karena memang pada dasarnya saya hobi menggambar walau bukan dari jurusan seni.


Apa sih serunya menggambar menurut kamu?
Menggambar bagi saya itu lebih dari sekedar seru. Ia adalah tempat mencurahkan hati. Mungkin sebagian orang jika sedih maka ia akan menulis diary dengan kata-kata yang indah namun saya lebih menuliskannya dengan gambar. Di instagram saya itu awalnya berisi tentang kisah-kisah kehidupan.  Kalau kata penelitian, media menggambar dapat pula digunakan sebagai terapi Seperti yang kita semua ketahui bahwa dengan menggambar seseorang dapat mengekspresikan dirinya terhadap suatu kondisi tertentu. Esensi dari terapi menggambar itu sendiri adalah bagaimana seseorang dapat menuangkan pikirannya dalam coret-coretan pada sebuah kertas dalam sebuah gambar. Coretan itu tentunya dibuat berdasarkan apa yang terjadi pada diri seseorang tersebut. Mengapa ia mendapat ide menggambar suatu hal, tentu saja dikarenakan apa yang ada di kepalanya. Dengan terapi menggambar, seseorang diajak untuk menuangkan pikiran lain sebagai pemecahan terhadap masalah yang ia miliki. Mereka diajak untuk mendapatkan pandangan baru terhadap masalah yang mereka pegang selama ini.

Sejak kapan Dinar terpikir untuk mengaplikasikan gambar-gambarnya di karya handmade?
Saya memulai lagi hobi menggambar sejak 3 tahun lalu. Namun setahun yang lalu saya mulai memiliki keinginan agar karya saya ini bisa dinikmati semua kalangan, bukan hanya kalangan seniman. Mulailah saya  mengaplikasikan karya-karya saya itu ke benda-benda yang layak guna seperti gelas, piring, dan lain-lain agar bisa dinikmati semua orang. Jadi sekitar setahun lalu semua perjalanan ini dimulai…

Gimana cara Dinar untuk menggali ide sehingga selalu bisa menghasilkan karya-karya unik nan unyu?
Menggali idenya bisa dengan banyak cara. Mem-follow artist ternama yang karyanya membahana yang mampu membakar semangat setiap sy liat karyanya di instagram, pinterest, atau youtube. Jalan-jalan ke tempat seni, ke toko buku, ke taman, ikut komunitas seni, datang ke acara seni, dan selalu open mind terhadap hal-hal baru.

Hal paling menyenangkan yang didapat Dinar selama aktif berhandmade?
Paling menyenangkan ketika orang merasa terinspirasi dengan karya saya, orang mengapresiasi karya saya, saya mampu memberikan ilmu dan ide baru untuk orang-orang.

Terakhir… apa nih target terdekat yang ingin diraih Dinar dengan dinART-nya?
Sebenarnya karya saya ini mengandung visi misi penyebaran virus doodle (mencoret). Bahwa ditengah maraknya penggunaan teknologi di dunia art design, ternyata menggambar itu mudah. Hanya dengan doodling (modal pensil/spidol dan kertas ) kita bisa menghasilkan karya seni unik. Karya saya brand-nya kan hitam putih bergaris. Nah, itu untuk menunjukkan juga bahwa untuk membuat karya indah itu tidak perlu terlalu banyak warna. Cukup hitam putih saja, sudah bisa jadi karya unik. Simple. berdasarkan hal tersebut target saya punya gallery doodle sendiri untuk penyerbaran “virus”. Isinya bisa terdiri dari all produk dinART, interiornya berisi karya mural dinART, juga dibuka kelas-kelas doodle untuk yang berminat. Amiiin... aamiiin... amiiin…

 

1 komentar:

  1. Artikle yang sangat keren, semoga sukses selalu

    Ingin Liburan Ke karimun jawa dengan aman dan nyaman di karimunjawa ? Ingin Paket Wisata Karimunjawa dan gak murahan? Hubungi Kami "Raja Karimunjawa" biro lokal asli Karimun jawa . Untuk Book Paket Karimunjawa dan Tour Karimunjawa , silahkan hubungi kami karena kami biro karimunjawa dan trevel karimunjawa terpercaya. Paket wisata karimunjawa Murah tapi mewah, murah tapi gak murahan. Kepuasan Wisata Karimunjawa anda di pulau Karimunjawa adalah kebahagia'an dan tujuan kami. Terimakasih telah mempercayakan paket wisata karimunjawa bersama kami Agen Wisata Karimunjawa dan mebel jati jepara. silahkan Untuk booking paket lebaran karimunjawa dan paket tahun baru karimunjawa

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails