4.7.14

Asal Mula Animasi

Siapa yang tak menyukai film animasi? Film-film seperti Shrek atau Toys Story adalah dua di antara begitu banyaknya film-film animasi yang dengan cepat merengkuh penggemarnya. Berbicara mengenai animasi adalah berbicara mengenai sejarah panjang dunia sineas kreatif yang bahkan telah dimulai semenjak ribuan tahun yang lalu. Manusia purbakala jaman dahulu kerap menggambar binatang dengan jumlah kaki yang banyak untuk memperlihatkan gerak cepat dari lari binatang.

Memasuki abad ke-19, perkembangan animasi mulai menemukan babak baru. Praxinoscope ditemukan Emile Reynauld. Alat berbentuk tabung ini dapat memutar ratusan gambar animasi sehingga dapat terlihat bergerak seperti film. Alat yang dapat diproyeksikan ke dinding dan juga cermin ini dapat dibilang sebagai cikal bakal proyektor bioskop seperti yang kita kenal sekarang. Setelah itu, beragam inovasi seperti flipbook (animasi pada tumpukan lembaran kertas yang digerakkan dengan cepat) dan animasi stop motion (potongan-potongan gambar adegan yang digabungkan menjadi satu) terus bermunculan.

Salah satu adegan dalam film animasi Gerty The Dinosaur

Sejarah lalu mencatat nama Winsor Mc Cay yang mendapat julukan Bapak Animasi Dunia. Ilustrator yang satu ini membuat sebuah film animasi hitam putih berjudul Gerty The Dinosaur dengan durasi yang cukup panjang di jamannya. Tak kurang dari 16 gambar dihadirkan pada tiap detiknya sehingga tokoh dinosaurus yang ditampilkan benar-benar terlihat seperti hidup. 

Semenjak itu, para pembuat animasi bermunculan dengan cepat. Mulai dari Disney yang membuat animasi Mickey Mouse sampai Warner Bros yang membuat Bugs Bunny. Mudah ditebak, pada perkembangannya setelah berpuluh-puluh tahun, animasi mengalami gerak maju yang begitu cepat, terlebih dengan makin canggihnya teknologi komputer yang mampu membuat film animasi dengan sangat tampilan yang sangat realistis.
(Nugraha Sugiarta)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails