27.6.14

Sentuhan Jiwa Mahira Galeri

Bagi perempuan yang satu ini, karya handmade memiliki sentuhan jiwa pembuatnya. Segala hasrat tentu tertumpah dalam gurat-gurat kreativitas. Bergelut dengan Mahira Galeri dengan detail yang mengagumkan, Nikma menemukan kebebasan dalam aktivitas handmade yang dilakukannya.

Karyanya di Mahira Galeri tampak beraneka macam, hehe… Mbak Nikma sendiri konsep berkaryanya gimana, nih?
Konsep berkarya saya adalah menuangkan ide yang ada di kepala meski belum semua terwujud namun sedikit demi sedikit aku tuangkan dalam sebuah karya. Saya suka karya yang unyu-unyu, ada sentuhan etnik namun tetep nuansa ceria. Jadi menurut saya di dunia handmade ini adalah sebuah kebebasan dalam berkarya yang bisa membuat kita lebih tersenyum dan lebih bersemangat.

Kan di FBnya Mbak Nikma nulis “workshop n store indonesian handmade produk”. Menurut Mbak Mahira, handmade itu sendiri apakah gerangan?
Handmade adalah buatan tangan atau hasil karya tangan manusia dimana saat proses pembuatan ada sentuhan jiwa si pembuat, semisal karakter wajah sebuah boneka  mencerminkan isi kepala si pembuatnya.



Apa hal paling utama yang diperhatikan oleh Mbak Nikma dalam membuat karya?
Hal yang paling saya perhatikan dalam membuat karya adalah detail hiasan dan bentuk  karya semisal pemilihan bahan, menentukan bentuk karya bulat,kotak, atau bentuk lain, jenis hiasan yang akan dituangkan dalam sebuah produk semisal hiasan sulam benang atau perca dan juga hiasannya bentuknya apa, serta selalu berupaya orisinil meski banyak mendapat ide juga dari karya orang lain.



Kelebihan apa nih yang ada di tiap produk Mahira Galeri?
Produk yang kita buat selalu mempunyai ciri khusus karena selalu dibuat limited edition dan selalu dibuat berbeda tiap produk meski satu jenis barang. dan bisa custem order juga jadi bisa dibuat sesuai pesanan custemer. Untuk produk non custem kita berkonsep Etnik Ceria jadi selalu ada keceriaan dan kesan up to date sehingga ketinggalan jaman.



Ceritain dong langkah-langkah Mahira Galeri dalam proses membuat karya?
Di saat menemukan ide sebuah karya saya biasanya menuangkan dalam bentuk sketsa gambar lalu pada saat sudah siap untuk mengeksekusi mulailah merapikan gambar sketsa model dengan detail ukuran, perpaduan warna kain, dan juga perpaduan bahan apa yang akan dipakai. Selanjutnya tahap pembuatan pola sesuai dengan ukuran yang diinginkan dan pemotongan bahan lalu pengerjaan dan jadi deh meski terkadang sering di tengah pengerjaan menemukan ide baru

Apa mimpi terbesar yang ada di kepala Mbak Nikma kalau mendengar kata “handmade”?
Saya ingin dikenal melalui hasil karya saya yaitu Handmade baik melalui buku karya saya nanti yg bisa mengisnpirasi orang lain, atau melalui pelatihan pembuatan karya handmade dan tentunya hasil karya handmade saya bisa menjadi bisnis yang menjanjikan bagi masa depan keluarga saya, amiiin.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails