6.6.14

Saatnya Membuat Logo

Seringkali, saat seorang memutuskan untuk menjadi crafter, maka dengan penuh semangat 45 ia membuat segala macam kreativitas yang mampir di kepala. Puluhan karya lahir, pembeli berdatangan dan sekelebat kemudian terpikirlah nama brand yang cocok. Usai itu, muncul satu masalah pelik, membuat logo! Meski terkesan sepele, logo dapat dibilang sebagai salah satu elemen penting yang wajib dipikirkan dengan masak sehingga citra yang ingin kita tampilkan di dalamnya benar-benar mengena dan disukai banyak orang.

Pada dasarnya, membuat logo perlu kejelian dan insting khusus. Pangsa pasar menjadi penting untuk diperhatikan. Apakah kita mengincar kelompok umur dengan kestabilan ekonomi? Jika iya, perlu dibuat logo yang elegan dan tidak terlalu menonjolkan warna mencolok, berbanding terbalik jikalah pangsa pasar kita misalnya saja kelompok muda penuh gairah. Tentu saja logo bergaya santai dan tidak terlalu terkesan formal dapat menjadi pilihan. Satu tips yang kerap berhasil namun kerap pula dilupakan adalah kesederhanaan. Buatlah logo dengan simple karena logo yang terlalu kompleks, meski bagus secara desain, justru sangat sulit diingat dan kerap dianggap tidak menarik.

Berikutnya, logo tak melulu harus menggambarkan apa yang kita jual. Lihatlah logo-logo perusahaan besar semacam Apple atau Nike yang justru menampilkan logo yang tidak menjelaskan apa produk yang mereka jual. Bagaimana jika ingin membubuhkan teks pada logo? Sebisa mungkin, buatlah teks yang diinginkan berada di luar logo agar bentuk logo terlihat utuh.

Selanjutnya, satu hal penting yang seringkali terlupakan adalah permasalahan aspek ratio dari logo itu sendiri. Aspek ratio berbicara mengenai hubungan antara tinggi dan lebar logo. Desain logo yang terlalu tinggi atau terlalu lebar selalu buruk dilihat secara visual. Intinya, buatlah logo yang dapat selalu fit ketika dimasukkan ke berbagai media peletakan logo. Terakhir warna bukanlah segala-galanya. Pemakaian warna yang berlebihan justru akan melelahkan mata pelihatnya, Gunakan warna yang benar-benar sesuai dengan karakter produk yang kita buat.
(Nugraha Sugiarta)


1 komentar:

  1. Artikle yang sangat keren, semoga sukses selalu

    Ingin Liburan Ke paket wisata karimunjawa dengan aman dan nyaman di karimunjawa ? Ingin Paket Wisata Karimunjawa dan gak murahan? Hubungi Kami "Raja Karimunjawa" biro lokal asli Karimun jawa . Untuk Book Paket Karimunjawa dan Tour Karimunjawa , silahkan hubungi kami karena kami biro karimunjawa dan trevel karimunjawa terpercaya. Paket wisata karimunjawa Murah tapi mewah, murah tapi gak murahan. Kepuasan tour karimunjawa anda di pulau Karimunjawa adalah kebahagia'an dan tujuan kami. Terimakasih telah mempercayakan paket wisata karimunjawa bersama kami Agen Wisata Karimunjawa dan jual furniture. silahkan Untuk booking paket lebaran karimunjawa dan paket tahun baru karimunjawa

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails