13.6.14

Rotan dan Penguasa yang Tak Punya Kuasa

Membicarakan rotan bagi sebagian besar orang mungkin akan langsung terngiang benda-benda seperti kursi rotan atau kayu hias. Tumbuhan yang berasal dari keluarga tanaman Palma ini memang telah sedari dulu dikenal sebagai salah satu bahan yang dapat dijadikan karya-karya kerajinan nan menarik. Indonesia sendiri memasok nyaris 70 persen kebutuhan rotan dunia. Sebagai bahan yang begitu tersebar di seluruh hutannya, tak heran jika kerajinan rotan menjadi salah satu bentuk kerajinan yang tak terlalu sulit ditemui.


Permasalahan klasik selalu mengemuka manakala berbicara mengenai segala pergerakan kerajinan di Indonesia yang cenderung masih sangat lokal dan tradisional. Ambillah contoh pengrajin rotan di Cirebon yang dianggap merupakan basis atau pusat dari kerajinan rotan di Indonesia. Mereguk kejayaan pada dekade awal 2000an, kerajinan rotan Cirebon bahkan pernah memiliki nilaj ekspor sampai angka 132 juta dollar dalam setahun sebelum akhirnya terpuruk.

Pasokan bahan baku yang merosot dituding sebagai biang keladi. Para petani rotan di daerah timur lebih banyak yang memilih menjadi penambang emas tinimbang bertani rotan. Para perajin mencari cara dengan mengimpor bahan baku. Bayangkan negara yang pernah memasok 70 persen kebutuhan rotan dunia harus mengimpor dari luar! Masalah baru kemudian muncul, BBM naik ongkos produksi tentu pula meningkat.

Penyebab patahnya hubungan hulu hilir dalam industri rotan ini sudah barang tentu harus disematkan kepada penguasa. Rotan hanyalah satu contoh kecil bagaimana pengelolaan sumber-sumber pemasukan potensial ditangani dengan buruk. Dengan kata lain, kreativitas para pengrajin memang dituntut untuk terus berkembang tak hanya berpatok pada kesuksesan yang pernah diraih. Inovasi harus bergerak dari diri sendiri karena segala macam kepastian dari pemegang kuasa adalah berbicara tentang ketidakpastian. Mari bergerak tanpa bergantung.
(Nugraha Sugiarta)

1 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Industri Kreatif (Kerajinan). Tulisan diatas juga dapat menambah informasi mengenai berbagai macam kerajinan yang ada di Indonesia. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Industri Kreatif (Kerajinan) yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Industri Kreatif (Kerajinan)

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails