6.6.14

miniCutee dan Karya Super Cute



Merasa bahwa handmade adalah jalan yang diberikan Tuhan, Fiona dengan miniCutee-nya sangat mungkin adalah seorang crafter yang religius. Nama miniCutee sendiri muncul karena pergerakan awalnya yang senang membuat karya-karya kecil nan lucu. Seiring berjalannya waktu, jibunan karya telah lahir dari tangan yang selalu berkarya dengan penuh suka cita ini.

Namanya miniCutee, apa nih yang mini-mini ini maksudnya, hehe…
Hehe…  Nama miniCutee (baca: mini kyuti) dipilih karena waktu awal dulu saya senang membuat produk yang mini-mini. Membuat sesuatu yang kecil itu suatu tantangan tersendiri, makin kecil makin susah. Mengguntingnya harus hati-hati, menjahitnya juga tidak boleh terlalu rapat, harus telaten. Nah karena awal waktu itu saya banyak membuat yang kecil dan lucu itu, maka muncullah nama mini dan cute disambung menjadi miniCutee..

Fiona sendiri sejak kapan mulai aktif dengan handmade? Apa nih pemicunya?
Pertengahan 2008.  Waktu itu saya masih bekerja di salah satu perusahaan IT.  Ketika hamil dan dokter menyatakan bahwa saya harus bed rest, maka saya mencoba mencari kesibukan yang bisa saya lakukan tanpa harus mondar mandir. Teringatlah saya akan kerajinan flanel yang saya kenal sejak SMA. Ketika berhasil membuat satu boneka kecil untuk gantungan kunci, saya melihat kok hasilnya lucu ya, hahaha... seneng banget.  Maka saya pun ketagihan. Iseng-iseng saya memamerkan hasil karya saya di blogspot, itu pun dengan bantuan adik saya. Ternyata banyak yang tertarik dan ada yang memesan. Dapat orderan pertama itu rasanya....wuiiih, seneng banget, hehe… Saya percaya bahwa ini adalah jalan yang diberikan Tuhan pada saya. Dulu saya bercita cita, kelak kalau saya punya anak, saya akan berhenti dari pekerjaan saya di kantor, saya mau urus anak saya sendiri.  


Apa nih konsep yang diusung oleh Fiona dalam tiap karya-karyanya?
Tidak ada konsep tertentu karena saya lebih cenderung membuat karya sesuai permintaan pelanggan. Yang jelas semua yang saya hasilkan harus rapi dan harus dikerjakan dengan hati yang bersuka cita. Ini sangat berpengaruh dengan hasilnya.


Ceritain dong strategi yang digunakan Fiona untuk memperkenalkan miniCutee kepada khalayak…
Wah strategi apa ya… Awalnya hanya bermodalkan blog, lalu facebook, Fans Page. Sering-sering memanerkan karya dan juga proses pembuatannya.  Setiap selesai mengerjakan pesanan pamerkan, ceritakan di blog selebihnya biarkan produk berbicara. Gabung dengan group-group pecinta kerajinan tangan juga sangat membantu. Oh ya, dan juga ikut bazaar serta mengadakan workshop.  Namun saya baru dua kali ikutan bazaar karena saya masih lebih banyak mengerjakan pesanan yang masuk daripada mengejar jumlah stock. Yang terakhir dan terpentin. melibatkan Tuhan dalam setiap proses berkarya. Ketika kita membiarkan Tuhan memegang kendali, menjadi coordinator project, maka semuanya menjadi luar biasa.  


miniCutee sendiri apa nih kelebihan yang dimiliki dari setiap karya-karyanya?
Rapi, detil, warna warna yang kontras, produk produk yang memiliki wajah, memiliki wajah yang lucu. Banyak yang bilang sulaman wajah yang dibuat miniCutee sangat cantik dan rapi.

Tips agar bias terus mengembangkan inovasi?
Banyak menggali inspirasi dari mana saja. Internet,  buku-buku kerajinan, alam sekitar. Berlatih menggunakan bahan yang saya punya tanpa harus membeli bahan tambahan memaksa kita untuk kreatif dan mengembangkan ide-ide baru.

Hal paling menyenangkan apa yang didapat oleh Fiona selama aktif di dunia handmade?
Yang paling menyenangkan adalah ketika karya yang dibuat memuaskan hati pelanggan.  Apalagi mereka menjadi bangga memiliki produk buatan kita. Juga ketika karya kita menjadi inspirasi bagi banyak orang. 



 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails