2.5.14

Tips Merawat Anthurium Bunga

banyak orang yang telah menambatkan hati pada Anthurium. Ya, tak salah lagi, bunga tersebut memang sangat populer pada saat ini. Pesona Anthurium tampaknya kian menjadi-menjadi dan semakin diburu oleh para penggemarnya. Akan tetapi,  para penggemar tanaman ini tentu tidak ingin jika Anthurium berharga jutaan rupiah yang  dimiliki rusak dan kehilangan keindahannya. Sebenarnya, cara perawatan Anthurium tidaklah sulit, coba saja simak tips dan trik merawat Anthurium bunga berikut ini. 

 
  1. Anthurium adalah jenis tumbuhan yang menyenangi tempat sejuk serta hanya memerlukan sedikit cahaya, oleh karenanya, jangan letakkan ia langsung di bawah sorotan sinar matahari. Berilah naungan seperti paranet jika  meletakkannya di dalam rumah. Beranda rumah, teras belakang rumah, atau ruangan keluarga adalah tempat yang cocok bagi Anthurium.
  2. Anthurium bisa tumbuh di media tanah apapun, tetapi, akan jauh lebih baik jika ia menggunakan media tanam berupa campuran pakis, sekam bakar, sekam biasa, dan bisa pula ditambah dengan pasir malang.
  3. Jika cuaca panas, siramilah Anthurium  dua kali dalam sekali, pagi dan sore. Akan tetapi, jika media tanam masih terlihat basah, penyiraman cukup dilakukan sekali sehari atau dua hari sekali.
  4. Takaran penggunaan pupuk untuk Anthurium adalah 2 berbanding 1. Artinya, untuk setiap 2 gram pupuk dicampurkan dengan 1 liter air. Perlu juga diperhatikan kiranya, ketika melakukan pemupukan, jangan sampai larutan pupuk tersebut mengenai daun bunga Anthurium. Pupuk yang umum digunakan untuk Anthurium adalah pupuk NPK.
  5. Gunakan air dan kapas jika  ingin mengilapkan daun Anthurium dan Sebaiknya tidak terlalu sering menggunakan minyak pengkilap Anthurium yang kini banyak dijual bebas karena hal ini dapat menyebabkan daun Anthurium  akan menjadi berwarna kuning seperti habis terbakar.
Wah… semoga tips dan trik singkat yang kami sampaikan di atas dapat memberi masukan-masukan segar serta membantu dalam melakukan perawatan Anthurium. Jadi… Selamat menikmati keindahan Anthurium. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails