30.5.14

Mengenal Kertas

Bagi sebagian crafter yang gemar bereksperimen dengan bahan kertas, penggunaan media berbahan dasar kapas ini ibarat mencari kekasih yang pas dan mengena di hati. Ibarat mencari jodoh, mencari kertas yang cocok bisa dibilang gampang-gampang susah. Biasanya, kertas dibedakan berdasarkan ketebalannya, ambil saja contoh seperti kertas HVS yang memiliki beragam ketebalan mulai dari 60 gr sampai 100 gr. Berikut adalah beberapa acuan singkat tentang kertas dan pemilihannya.

Art Paper
Kertas yang satu ini biasanya digunakan untuk pembuatan brosur. Terdapat dua jenis art paper, satu yang memiliki permukaan licin dan satu lagi memiliki permukaan semi doff yang kerap dinamai malt paper. Lalu ada pula yang dinamai dengan istilah art carton. Jenis kertas yang satu ini sebenarnya sama dengan art paper hanya saja memiliki tingkat ketebalan di atas art paper dan biasanya digunakan untuk pembuatan catalog, kartu nama, atau company profile.

Duplex
Bahan kertas yang ini cukup mudah dikenali dengan hanya melihat warnanya. Duplex memiliki sisi depan berwarna putih dan sisi belakang berwarna abu-abu. Meski demikian ada pula dikenal kertas CWB (duplex putih) yang memiliki warna putih pada kedua sisinya. Duplex sendiri biasanya digunakan untuk pembuatan box dan memiliki ketebalan bervariasi antara 100-400 gr.

Jasmine
Ingin yang sedikit blink-blink? Cobalah kertas yang satu ini. Jasmine memiliki permukaan gliter dengan banyak pilihan warna. Ketebalan bisa dipilih sesuai selera, hendak tipis atau pun tebal.

Kertas Samson
Kertas ini kerap disebut dengan istilah craft paper. Kertas ini memiliki permukaan yang kasar dan berwarna cokelat. Karena warna dasarnya yang hanya cokelat itu saja biasanya para pengguna yang ingin mencetak sesuatu di atasnya hanya menggunakan satu atau dua warna saja. Kertas samson banyak digunakan untuk paperbag.
(Nugraha Sugiarta)

1 komentar:

  1. saya taunya kertas hvs sama kertas karton

    *btw tulisannya kecil-kecil nih

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails