9.5.14

Anugerah dari Gratia Craft



Menyukai handmade sejak kecil, Ney awalnya hanya membuat karya tangan untuk hadiah. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, bakatnya berhandmade kian berkembang dan melahirkan banyak karya-karya kece. Bermimpi dan bercita-cita untuk melebarkan sayap ke luar negeri, Ney sang pemilik Gratia Craft juga mencoba menyebarkan virus handmade ini dengan mengajak para ibu untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Sejak kapan Ney berhandmade dan aktif bikin Gratia Craft?
Kalau suka sama handmade sudah sejak kecil, ya. Cuman kalau mulai berbisnis di dunia handmade baru tiga tahun yang lalu.




Apa sih karya yang pertama banget dibuat ney dengan Gratia Craft-nya? terus kok jd bisa berkembang biak banyak banget karyanya, hehe…
Gini nih ceritanya. Jaman dahulu kala, hehe… Jadi awalnya aku belum bikin Gratia Craft. Aku masih pajang karyaku di FB pribadi. Karya awal banget yang aku bikin gantungan kunci bentuknya bintang. Itu aku bikin untuk hadiah muridku karena waktu itu aku masih kerja sebagai guru les privat. Waktu pertama sih hanya upload aja di FB, enggak ada niatan jual, sampai ada teman adikku yang nanya "klo bikin karakter lain bisa enggak kak?" Nah, aku mulai tertantang nih bikin yang mereka request, meskipun cuman gantungan kunci. Dari situ teman-teman sekolah adikku yang lain mulai memesan yang aneh-aneh karakternya.



Nah, sekarang apa aja sih produk Gratia Craft?
Awalnya produk Gratia Craft seputar kerajinan dengan bahan baku flanel mulai dari yang paling kecil misal gantungan kunci sampai yang besar semacam sajadah, tutup kulkas juga pernah dibuat dan semua 100% handmade jahit tangan. Akhir-akhir ini mulai merambah ke kerajinan lace/broklat yang lebih eksklusif.


Apa konsep dan gagasan yang diusung oleh Ney dengan Gratia Craftnya?
Karena namanya gratia yang artinya anugerah, jadi Gratia harus bisa menjadi anugerah bagi orang lain, mengikuti pasaran yang lagi inn, mengikuti request dari customer karena customer nyaman kami pun senang.

Ngomongin pasar berarti ngomongin terobosan dan ide. Gimana cara ney agar terus punya ide kece dalam berkarya?
Kalau ngomongin ide serinenggakali ide itu muncul dari the power of kepepet karena sekarang ini crafter itu semakin banyak, apalagi crafter flanel bisa dibilang sudah menjamur dan sering juga produk gratia craft dijiplak sana sini dan dibanting harga juga. Tapi dari situ malah menjadikan aku terpacu untuk menghasilkan karya-karya baru. Kalau untuk boneka karakter sih aku biasanya nonton film kartun atau jalan-jalan ke toko buku. Malah seringnya ide itu muncul di perjalanan ke toko buku bukan di toko bukunya. Misal pernah di jalan ketemu dedek bayi lagi ngedot langsung kepikiran bikin boneka gitu lucu kali ya, haha... Kalau untuk produk yang lace biasa cari ide di event-event fashion gitu.

Kalau Gratia Craft sendiri apa nih keunikan yang dimiliki dari tiap karyanya?
Keunikan itu baru muncul beberapa bulan ini, karena dari awal gratia craft berdiri itu memang punya visi untuk membantu masyarakat sekitar yang enggak punya ijazah tinggi untuk bisa dapat kerja atau ibu rumah tangga bisa dapat income tambahan. Jadi untuk menciptakan keunikan itu sangat sulit sekali karena yang mengerjakan banyak tangan. Setelah visi itu sedikit tercapai maka Gratia menciptakan produk baru yang tidak dikerjakan massal yaitu kerajinan lace dengan memanfaatkan perca bekas kebaya. Gratia membuat satu design hanya untuk satu produk saja, jadi sangat eksklusif.


Apa cita-cita yang ingin dikejar Ney dengan Gratia Craft-nya?
Ada dua cita-cita yang masih terus ingin dikejar, yang pertama ingin mengembangkan lagi produk yang berbahan dasar flannel. Karena produk ini mudah dibuatnya, banyak orang yang bisa mengerjakan jadi aku masih ingin memperbesar lagi produksinya, ingin menembus pasar luar negeri juga. Praise God untuk ke luarnya udah sampai Singapura. Mudah-mudahan bisa menular ke negara-negara yang lain. Yang kedua untuk produk lacenya juga hampir sama, tapi produk yang satu ini tidak akan diproduksi massal, jd mulai dari design sampai finishing aku sendiri yang ngerjain. Cita-cita ke depannya produk ini bisa ikut event-event fashion tingkat internasional, amin... Planning terdekatnya ikut Jogja fashion week besok bulan Juni. 
https://www.facebook.com/gratia.craft 

(Nugraha Sugiarta)

1 komentar:

  1. Mohon ijin berpromosi. service Ac segala jenis merk. kami service Ac mencakup wilayah coverage seluruh Surabaya, Gresik, Sidoarjo. kami juga menerima jasa service perbaikan AC bongkar dan pasang AC. pekerjaan kami cepat, tepat, profesional, harga kompetitif di banding harga jasa luaran.
    service ac taman sidoarjo
    service ac split sidoarjo
    tukang service ac sidoarjo
    service ac mobil di sidoarjo
    service ac di waru sidoarjo
    jasa service ac sidoarjo
    service ac panggilan di sidoarjo
    service ac panasonic sidoarjo
    service ac surabaya sidoarjo
    service ac sepanjang sidoarjo
    service ac sedati sidoarjo
    service ac panggilan sidoarjo
    mencari service ac sidoarjo


    Segera hubungi kami, dan kami akan datang kerumah Anda 24 Jam Non Stop.
    (Hari Sabtu / Minggu / Hari Libur buka)
    PIN BBM : 54BE0B4B / 085645475574

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails