11.4.14

Sepatu dari Masa ke Masa



Siapa yang tidak gemar menggunakan sepatu? Alas kaki yang satu ini memang dapat dikatakan telah menjadi kebutuhan yang tak bisa ditolak baik bagi kaum adam maupun hawa. Sebagai alat untuk melindungi kaki, sepatu pun menjadi salah satu bagian yang tak terpisahkan dari dunia mode.

Berbicara mengenai sepatu memang tidak ada habisnya. Para ahli sendiri memperkirakan bahwa sepatu telah ada dan digunakan sejak jaman es sekitar lima juta tahun yang lalu. Berbahan dasar kulit binatang mentah, sepatu digunakan oleh manusia pra sejarah untuk bertahan dari cuaca dingin. Sepatu primitif dalam jumlah besar pernah pula ditemukan di daerah Missouri Amerika serikat yang diperkirakan dibuat pada tahun 8000 SM. Adapun bentuk dan bahan sepatu sendir sangat bergantung dengan kondisi alam. Jika di Amerika dan benua Eropa terbuat dari kulit, daerah-daerah hangat seperti Mesir banyak menciptakan sepatu yang dianggap lebih bersirkulasi dengan menggunakan bahan serat tanaman.

Memasuki abad ke-4, sisi keindahan dari sebuah sepatu mulai mendapat perhatian. Model sepatu dengan bentuk lancip di ujungnya menjadi trend. Abad berganti, penggunaan hak pada sepatu mulai dikenal. Bahkan raja Perancis Louis XIV adalah salah satu penggemarnya. Penggemar hak warna merah ini bahkan sempat pula mengeluarkan peraturan bahwa hanya golongan ningrat saja yang diperbolehkan menggunakan hak pada sepatunya.

Pada perkembangannya, sepatu juga mulai memperhatikan segi kenyamanan para pengguna. Inilah kemudian yang mendasari sepatu-sepatu casual dan sporty. Pada akhirnya, sepatu di masa kini mulai pula memasuki ranah kepribadian. Bagi yang berjiwa muda, sepatu-sepatu yang dikenakan cenderung berkesan santai dan nyaman dipakai. Adapun sepatu-sepatu dengan gaya resmi lebih banyak digunakan oleh kaum dewasa atau para eksekutif. Meski demikian, trend sepatu yang terus berkembang selalu memunculkan mode-mode baru nan unik yang seolah tak mau tergerus oleh jaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails