18.4.14

Perempuan dan Candy Chiic Craft



Seperti namanya, karya-karya crafter yang satu ini memang tak bisa tidak akan banyak digemari oleh kaum Hawa karena keunikan dan keindahan yang dimilikinya. Mengamati karya-karya Candy Chiic Craft adalah mengamati sebuah perjalanan dengan keseriusan yang utuh di dalamnya. Sulit memang mencari padanan kalimat yang pas untuk menggambarkan kelebihan yang dimiliki Candy Chiic Craft. Tengok saja karya-karyanya, pasti kita akan bersepakat.

Pernak-pernik keren seperti apa, nih, yang dibuat oleh Candy Chiic Craft?
Pernak pernik accessories yang dibuat secara handmade. Handmade accessories yang dibuat ada gelang, kalung, bros.



Karya-karyanya, kan, perempuan banget. Kamu sendiri mengartikan dan menerjemahkan perempuan dalam setiap karya Candy Chiic Craft seperti apa, nih?
Perempuan itu unik, lain dari yang lain. Apabila ada barang yang unik dan lucu sedikit saja, mereka langsung jadi tergila gila dengan barang itu sampai histeris dan ingin memilikinya. Mata sulit berpaling dengan barang-barang unik dan lucu, apalagi model accessoriesnya tidak ada ditempat lain. Hanya kita yang memiliki model itu sendiri.


Apa keunikan dari karya-karya Candy Chiic Craft yang tidak dimiliki oleh produk-produk sejenis?
Keunikan handmade accessories yang dimiliki oleh candy chiic adalah colorful, simple, cute, unique, dan elegant untuk tiap karya seni yang dihasilkan.


Candy Chiic Craft sendiri berdiri sejak kapan, nih?
Berdiri mulai Juni tahun lalu, 2013. Berawal dari hobi dan keisengan membuat accessories dari bakat yang dimilikinya, usaha ini mulai dijalanin dan dikembangkan. Sebelum brand Candy Chiic, dulu sempat memakai brand Cloudy Chiic. Cloudy Chiic ini kalau didengar dan diucapkan begitu enak. Setelah aku lihat-lihat lagi, kata-kata “Cloudy” ini memiliki arti yang kurang begitu mengenakan. Akhirnya kuganti dengan nama yang berawalan dengan huruf “C” tapi tetap memakai chiic. Dan meminta pendapat sahabat, akhirnya sahabatku memberikan nama “Candy”. Dari Candy inilah kubuat konsep dan lain-lain.

Apa permasalahan utama yang kerap dihadapi oleh dirimu selama bergelut di dunia handmade? Gimana cara mengatasinya?
Yang pertama adalah ide. Kadang ide datang begitu saja dengan mudahnya dan kadang harus sampai menunggu lama. Sampai-sampai pernah bahan dan alat sudah ada di depan mata, tapi ide tak kunjung datang. Biasanya kalau lagi mentok ide, aku coba searching-searching ke sana kemari. Karena merasakan sendiri kalau ide itu tidak dimiliki oleh semua orang dan ide itu mahal, akhirnya aku menerapkan prinsip ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Melihat model-model accessories yang lain dan kubuat model yang hampir mirip tapi tidak semirip mungkin dengan yang aslinya. Model asli aku ubah lagi menjadi model baru dan timbullah ide baru. Kebanyakan memakai ide sendiri. Yang kedua adalah bahan material, terutama bandul accessories. Aku menyediakan bandul accessoriesnya cukup terbatas dan selalu ingin bereksperimen ke berbagai banyak model. Waktu itu sempat ada customer ingin membeli accessories model itu, katakanlah model A. Sedangkan waktu itu bandul model A itu habis. Dan aku harus mencari bandul model A itu ke toko yang menjualnya. Dan ternyata bandul accessories model A sudah habis dan tidak menyediakan stock model bandul itu lagi. Akhirnya, aku mencoba menawarkan ke customerku dengan model bandul yang lain. Dan alhamdulillah dia mau.

Menurut kamu, apa cara paling ampuh untuk mengatasi stagnasi dalam proses berkarya?
Biasanya sih aku meninggalkan hobi craft untuk sementara dulu dan kualihkan ke aktivitas lain untuk refreshing sejenak. Dan kalau mood kurang begitu baik, harus menunggu mood baiknya keluar lagi, hehe… Kalau ide lagi mentok, biasanya cari referensi model ke sana-kemari sampai dapat.


Target yang ingin diraih oleh Candy Chiic Craft?
Bisa lebih dikenal oleh orang banyak dan kalau bisa go international. Hehehehe… 

FB Fans page : CANDY CHIIC 
Instagram : @CandyChiic 
Twitter : @CandyChiic 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails