25.4.14

Menikmati Hobi Bersama Santa Craft Flanel



Berfokus pada flannel yang konon digemari segala kalangan baik tua maupun muda, Mismi sang penggagas Santa Craft Flanel memiliki mimpi hebat untuk memberdayakan kaum perempuan sambil sekaligus pula tanpa kenal henti berkeliling negeri melalui karya-karya menakjubkan yang dibuatnya.

Produk-produk seperti apa, nih, yang dibuat oleh Santa Craft Flanel?
Produk yang saya buat antara lain sandal boneka flanel, sandal selop aplikasi boneka flanel, tempat tissue hias aplikasi flanel, toples hias aplikasi flanel, aneka aksesories dari flanel, aneka tas dan dompet dari flanel, dan masih ada beberapa lainnya lagi.



Kenapa memilih flannel sebagai bahan dasar di tiap karyanya? Apa yang menarik dari flannel itu sendiri?
saya memilih flanel karena warna-warnanya yang ceria dan tekstur kainnya juga sangat mudah untuk dijadikan berbagai macam bentuk hiasan atau bentuk lain yang digemari oleh anak-anak sampai orang dewasa


Apa yang menjadi ciri khas dan keunggulan dari tiap karya Santa Craft Flanel?
Sampai saat ini saya juga belum menemukan ciri khas dari karya saya, hehe... Karena banyak juga crafter lain yang bisa menghasilkan karya serupa. Yang jelas harus bisa selalu berinovasi.


Mismi belajar dari mana dan gimana, nih, tentang craft sampai bisa bikin karya-karya nan kece?
Saya hanya belajar secara otodidak saja. Akhir-akhir ini dibantu dengan beberapa buku, bergabung di salah satu komunitas crafter yg ada di semarang dan saling bertukar ilmu.


Gimana Mismi melihat kondisi dan antusias market craft saat ini?
Saya melihat antusias masyarakat semakin meningkat pada craft. Banyak beberapa dari mereka yang menjadikan "craft" sebagai tumpuan hidup untuk mengais rejeki seperti saya, hehe…

Hal apa yang seharusnya menjadi fokus utama seseorang ketika memutuskan untuk terjun di dunia handmade?
Menurut saya pribadi, fokus kepada pekerjaan yang kita tekuni hasilnya akan lebih daripada kita fokus dengan beberapa pekerjaan. Nge-craft buat saya adalah hobi yang luar biasa karena dengan nge-craft saya bisa hasilkan karya yang bisa menjelajah negeri, dari Aceh hingga papua. Suatu kebanggaan dan kepuasan tersendiri disamping bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Harapan yang dimiliki oleh Santa Craft Flanel di masa depan?
Harapan saya semakin banyak orang menyukai "craft" maka semakin banyak pula masyarakat bisa lebih menghargai karya-karya para crafter. Kalau secara pribadi saya sangat berharap nantinya anak-anak saya juga memiliki jiwa seni, jiwa craft dan tentu saja juga didukung dengan "sains of bussines" yang cukup, ya. Bisa melanjutkan apa yang sudah saya rintis ini, bisa membantu sesama dengan membuka lapangan kerja melalui craft ini jadi bisa mengurangi jumlah pengangguran yang akan datang, terutama memberi kesempatan kepada ibu-ibu rumah tangga yang ingin membantu suami menambah pundi-pundi rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails