28.3.14

Menikmati Kesempurnaan K’Azka Craft SewnHandmade



Senang menjahit semenjak semester pertama kuliah, Bu Azka sang pengagas K’Azka Craft SewnHandmade sempat vakum dengan aktivitas ini sebelum akhirnya kembali memulai semuanya pada tahun 2011. Lebih menekankan pada kualitas dari hasil karya-karyanya, Bu Azka adalah seorang crafter yang selalu berusaha menampilkan kesempurnaan.

Sejak kapan nih Bu Azka senang dengan jahit-menjahit...
Sejak kuliah semester pertama tahun 94. Waktu itu kursus jahit satu bulan sama teman. Enggak dilanjutkan lagi karena sudah sibuk dengan kuliah. Selesai kuliah saya sempat kerja dulu di Batam. Enggak kepikiran untuk berkreasi. 2010, ikut suami pulkam saya beranikan diri berkreasi dengan mote. Start jahitnya 2011. Jahit tangan untuk kaos aplikasi flanel.


Oh ya, karya-karya apa aja yang dibuat oleh Bu Azka?
Kreasi mote, kreasi flannel, merambah ke kreasi perca. Sekarang sedang belajar merajut.

Menurut Bu Azka, gimana cara yang paling pas agar crafter bisa terus berkarya dan berusaha?
Mungkin harus inovasi di produk ya. Rajin promosi dan jangan pelit dengan ilmu. Jualannya juga harus seramah mungkin. Satu lagi, kualitas sebanding dengan harga.


Nah, gimana cara Bu Azka mempertahankan kualitas dan bisa trus berinovasi?
Dalam beberapa hal saya orangnya perfectionist. Jadi kalau mengerjakan sesuatu itu harus sempurna dan sebaik mungkin. Saya juga menggunakan strategi jualan online. Jadi kalau bisa foto dan barang yang dikirim sama cantiknya. Alhamdulillah, so far testimoni dari customernya bagus. Kalau untuk inovasi saya banyak googling. Kadang juga suka ngobrol sama yang punya toko alat-alat jahit. Dapat deh ilmunya. Kalau mentok ya terpaksa modifikasi dari yang sudah ada. Bekerjalah dengan hati, anggap saja barang yang kita buat itu kita yang pakai. Nanti pasti kualitasnya bagus.


Apa nih ciri khas utama dari karya-karya Bu Azka
: Waduh, apa ya. Kayaknya permainan warna aja. Contoh pencil case. Ritz ama casenya pasti beda warna. Kalau ada yg senada itu customer yg minta.


Hal paling asyik yang Bu Azka temui selama aktif berhandmade?
Yang paling asyik itu pada saat proses pengerjaan, hasil memuaskan. Ada kepuasan batin. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails