7.3.14

Bros, Dari Duri Sampai Permata

Bagi para kaum hawa, benda yang satu ini sangat sulit dipisahkan dari keseharian. Entah itu untuk disematkan sebagai pemanis atau pun difungsikan sebagai penyatu untuk sambungan kain. Berdasarkan fungsinya ini pula, banyak pihak yang menduga-duga bahwa bros yang pertama ada di muka bumi adalah bros yang terbuat dari duri. 

Tentu, para pengrajin kala itu terus mencari-cari cara dan inovasi. Hasilnya, penemuan besar ditemukan; peniti. Ya, peniti adalah revolusi besar di dunia per-bros-an. Di atas peniti tersebut, telah mulai pula diletakkan ornamen yang berfungsi sebagai hiasan sehingga peniti tersebut tidak terlihat monoton dan membosankan. 


Penggila bros lalu makin menggila. Para pengrajin mulai menciptakan bros lebih ekslusif dengan membuat pola-pola yang rumit. Bagi para penggunanya, kerumitan yang ada memberikan simbol-simbol tertentu, utamanya untuk memperlihatkan strata sosial yang mereka miliki dan meningkatkan reputasi para penggunanya.

Mudah ditebak, seiring berkembangnya waktu, batu mulia masuk pula ke kancah bros. Ornamen seperti emas atau perak mulai banyak digunakan. Lebih jauh lagi, bros bertahtakan berlian dan permata turut pula turun ke gelanggang.
(Nugraha Sugiarta)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails