7.3.14

Antara KYRA Handmade, Tutorial, dan Youtube

Riezky Oktorawaty a.k.a Ky adalah pengubek Youtube penuh semangat. Ah, jangan sangka, perempuan manis yang satu ini bukan geeks yang berniat menghancurkan dunia dengan berselancar di internet. Dari Youtube, ia amati beragam tutorial satu demi satu. Dan Zap! Jadilah KYRA Handmade, crafter yang tak pernah bosan belajar dan membuat karya-karya baru nan unik.

Sejak kapan, nih, Riezky mulai bergelut dengan handmade sampai akhirnya bikin KYRA?
Awalnya karena pingin gonta-ganti bros dan harga bros di mall-mall ternyata enggak murah. Akhirnya buka buka Youtube, nemu tutorial bikin bros yang gampang, bros Pom Pom. Uji coba pertama kali pakai kain kerudung yang enggak pernah Ky pake. Dari kain itu Ky bisa bikin bros buat temen-temen cewek sekantor, hehe… Nah, dari sini mulai banyak yang nyaranin untuk jualan. Mulai aktif jualan bulan September 2012. Ngubek Youtube lagi nyari tutorial model lain. Alhamdulillah berkat bantuan temen kantor, omzet Ky meningkat. Akhirnya diputuskan buat bikin blog dan tanggal 4 Oktober 2012 Ky jadikan hari lahirnya Toko Kyra yang sekarang berubah jadi KYRA Handmade.


Karyanya sangat beragam banget. Apa aja produk-produk yang dibuat oleh KYRA Handmade?
KYRA Brooch, KYRA baby Shoes, KYRA baby Headband, KYRA Doll, KYRA Handmade dan soon KYRA Souvenir. Oh, ya, ada KYRA Tutorial juga.

Gimana Riezky melihat peluang dan pangsa pasar produk-produk handmade di tengah gempuran barang-barang pabrikan?
Handmade itu unik. Ky rasa masih banyak penyuka keunikan, jadi pasarnya masih bagus. Apalagi banyak sekali tutorial-tutorial yang dibagi gratis. Semakin banyak orang yang penasaran dengan mencoba tutorial tutorial tersebut semakin banyak pula yang menghargai handmade. Kenapa? Karena mereka tahu rumitnya proses membuat sebuah produk. Karena itu juga KYRA Handmade rajin bikin Tutorial.

Menurut Riezky, apa hal penting yang harus diperhatikan oleh para crafter agar kontinuitas berkaryanya terus jalan dan enggak mati di tengah jalan?
Jangan malu untuk meniru. Ky selalu pakai prinsip ATM, amati tiru modifikasi. Jangan hanya sekedar mencari uang, berbagilah lewat Tutorial Gratis, jangan terlalu fokus pada satu produk hehe… Maksud Ky sih, kalo untuk Ciri Khas bolehlah, tapi biar otak enggak vakum atau malah bosan, cobalah berbagai macam jenis craft.

Oh, ya. KYRA Handmade sendiri apa, nih, kelebihan dan ciri khas yang dimiliki dari karya-karyanya?
Kelebihannya selalu ada produk produk baru dan harga Terjangkau. Kalau ciri khasnya bisa custom order. Emang sih untuk KYRA Brooch sendiri belum ada cirri, tapi kedepannya untuk KYRA Doll bahkan mungkin Insya Allah merambah ke KYRA Purse, KYRA Bag dan lain-lain, motif kain akan dibuat enggak sama. Misal untuk KYRA Doll hanya jual satu boneka satu motif.

Gimana cara Riezky dengan KYRA Handmade-nya mempertahankan kualitas karya-karyanya agar terus diminati?
Rajin Googling dan ubek Youtube, seperti sekarang Ky lagi seneng bikin bikin rag doll. Semua masih dikerjakan sendiri demi menjaga kualitas. Jam kerja KYRA Handmade Sabtu-Minggu aja karena Senin – Jumat Ky kerja. Walaupun efek Omzetnya enggak sebesar awal awal usaha dulu, tapi Ky kerjakan orderan dengan santai enggak kemrungsung.


Harapan Riezky untuk KYRA Handmade di masa depan?
Modal Pensiun Dini. Sebagai wanita yang nantinya akan menikah, Ky pingin KYRA Handmade ga sekedar wadah rekreasi otak Ky saja. Melainkan juga bisa menjadi penghasilan tetap Ky nantinya sehingga cita cita menjadi Ibu Rumah Tangga tercapai. Semakin banyak berbagi lewat KYRA Tutorial agar semakin banyak wanita cerdas menemukan peluang usaha.
Twitter @tokokyra
Instagram tokokyra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails