7.2.14

Kesempurnaan Karya Damai Craft Creation



Crafter yang satu ini memang memiliki darah handmade sejati. Semenjak kecil bahkan telah jatuh cinta dengan aktivitas yang satu ini. Hobi dengan kerajinan tangan semenjak duduk di bangku sekolah, ia lalu terus berkreasi dan berinovasi dan melahirkan Damai Craft Creation.

Haloo… Gimana, nih, ceritanya dirimu sampai bisa menggeluti handmade?
Awalnya karena memang dari kecil suka sama kerajinan tangan dan paling senang kalau ada pelajaran kerajinan tangan di sekolah.  Dari SMA saya sudah mulai menjual produk handmade, waktu itu saya jual gelang persahabatan yang saya buat dari benang sulam. Karena banyak teman-teman yang suka akhirnya jadi kerjaan sampingan sepulang sekolah karena lumayan untuk tambahan uang jajajn, hehehe… Setelah lulus saya sempat berhenti menjual handmade karena sibuk dengan pekerjaan baru saya. Sekitar tahun 2010 akhir keinginan untuk berkreasi lagi ada, melihat karya-karya handmade sepertinya sangat menarik. Saya mulai cari-cari informasi di internet tentang kerajinan-kerajinan handmade yang bisa saya pelajari dirumah, akhirnya saya tertarik untuk mencoba kreasi dari kain flannel. Kecintaan terhadap handmade muncul karena ada rasa kepuasan tersendiri setiap kali karya itu berhasil dibuat dan hasilnya memuaskan. Pesanan dari customer yang beraneka ragam juga memicu semangat dan kreativitas saya agar bisa memenuhi pesanan yang datang dengan hasil yang maksimal.

Gimana, nih, cara pemasarannya?
Untuk pemasaran pada awalnya  saya lakukan hanya dengan menawarkan pada teman-teman sekitar, dari mulut ke mulut saja. Dan sekarang dengan adanya berbagai media sosial seperti facebook, instagram, dan path saya juga memasarkan produk saya dengan cara online. Selain membuat sendiri, saya juga menjalin kerjasama dengan crafter lain. Karena permintaan banyak dan saya hanya sendiri membuat semua karya akhirnya saya putuskan untuk bekerja sama dengan teman-teman crafter agar tidak mengecewakan pelanggan yang sudah memesan. Kotak tissue topping buah atau cake replica misalnya, itu bukan kreasi saya tapi kreasi teman yang saya pasarkan (reseller), sehingga customer bisa tetap puas dengan pelayanan saya. Setelah merasa sudah cukup menguasai flannel, sekarang saya sedang mengembangkan kemampuan dibidang crochet dan kreasi dari pita.

Apa aja karya yang dibuat oleh Damai Craft Creation?
Sampai saat ini saya sudah membuat aneka gantungan kunci, gantungan hape, tempelan kaca, bola untuk mainan anak-anak, aneka aksesoris rambut  seperti bando, ikat rambut, jepit rambut. Saya juga membuat magnet kulkas, kotak tissue, toples hias, pouch, cover buku, boneka karakter dan boneka couple flannel, gelang persahabatan dari benang sulam, bros rajut.


Apa konsep yang diusung dari setiap karya-karya Damai Craft Creation?
Konsep saya adalah “sempurna”. Saya berusaha membuat karya sebagus mungkin dan sedetil mungkin sesuai dengan apa yang diharapkan customer. Hal ini agar customer puas.


Menurut kamu, apa magnet terbesar dari aktivitas handmade itu sendiri?
Ada rasa kepuasan setiap kali melihat karya-karya kita selesai dengan hasil yang bagus, terlebih jika ada testimony yang bagus dari para customer. Setiap ada pola atau model kreasi yang baru ada tantangan tersendiri bagi saya.

Oh, ya. Apa, nih, hal paling spesial yang ditawarkan dari setiap karya yang dibuat Damai Craft Creation?
Semuanya dibuat sepenuh hati, walaupun capek karena sambil kerja dan kuliah tapi saya tidak pernah menyepelekan pesanan pelanggan. Saya pernah mengerjakan pesanan sedang dalam keadaan sangat lelah dan hasil karya yang saya buat kurang memuaskan menurut saya. Akhirnya saya membuat ulang karya tersebut karena tidak mau mengecewakan pelanggan. Untuk harga saya tidak mengambil untung banyak, biasanya akan saya bandingkan dengan harga pasaran sehingga tidak memberatkan customer.

Gimana strategi yang kamu lakukan biar Damai Craft Creation selalu eksis untuk para penggemar?
Selalu berinovasi dan memberikan pelayanan yang baik, seperti cepat merespon pertanyaan atau orderan yang ada dan sabar menghadapi pelanggan.

Target terbesar yang ingin dicapai Damai Craft Creation dalam waktu dekat?
Ingin menguasai berbagai keahlian membuat kerajinan tangan seperti crochet, kreasi dari   pita, dan inginnya bisa menguasai kreasi clay juga…

Instagram : flanelmheygyshop
WA/SMS : 085211705655  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails