17.1.14

Ucapan Kartu Ucapan

Siapa yang tak mengenal kartu ucapan? Ketika hari raya tiba atau sekadar ingin mengucapkan selamat mengulang tahun, sang kartu dengan manis akan mampir. Meski kini pamornya mulai terkikis oleh internet dan aplikasi chat di telepon genggam yang telah sedemikian menggurita, kartu yang satu ini memang selalu memiliki penggemar yang tetap setia. Para pembuatnya pun kian kreatif memberikan ornamen-ornamen cantik yang menarik mata.

Adalah seorang pria berkebangsaan Inggris yang pertama kali memperkenalkan kartu ini di tengah masyarakat. John Calcott Horsley, seorang seniman asal London pertama kali membuat kartu ucapan untuk perayaan natal bagi para sahabatnya dengan membubuhi tulisan-tulisan dan gambar menarik. 

Kartu Ucapan Pertama di Dunia Karya Horsley

Ide kreatif Horsley tersebut ternyata mendapat sambutan nan menggairahkan. Peminatnya membludak. Horsley dengan segera menjadi seniman ternama. Setiap kartu ucapan yang ia buat, dalam waktu singkat langsung diburu. Sebagai ladang bisnis baru, para pemainnya dengan cepat pula bertambah. Popularitas kartu ucapan lalu mampir ke Indonesia karena dibawa oleh orang-orang Belanda.

Seakan hendak menancapkan kehebatannya, kartu-kartu tersebut dimodifikasi sehingga beralih fungsi sebagai kartu ucapan untuk perayaan-perayaan agama Islam. Mudah ditebak, pribumi Indonesia menyukainya. Tahun 1893, keluarlah kartu ucapan dengan gambar Batavia, disusul dengan kartu ucapan seri situs-situs di Yogyakarta pada tahun 1896. Semenjak itu, perkembangan kartu ucapan tak lagi terbendung. Ia menjadi primadona baru yang terbukti terus bertahan hingga detik ini.  
(Nugraha Sugiarta)

1 komentar:

  1. Artikle yang sangat keren, semoga sukses selalu

    Ingin Liburan Ke paket wisata karimunjawa dengan aman dan nyaman di karimunjawa ? Ingin Paket Wisata Karimunjawa dan gak murahan? Hubungi Kami "Raja Karimunjawa" biro lokal asli Karimun jawa . Untuk Book Paket Karimunjawa dan karimun jawa , silahkan hubungi kami karena kami biro karimunjawa dan trevel karimunjawa terpercaya. Paket wisata karimunjawa Murah tapi mewah, murah tapi gak murahan. Kepuasan Wisata Karimunjawa anda di pulau Karimunjawa adalah kebahagia'an dan tujuan kami. Terimakasih telah mempercayakan paket wisata karimunjawa bersama kami Agen Wisata Karimunjawa dan toko furniture. silahkan Untuk booking paket lebaran karimunjawa dan paket tahun baru karimunjawa

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails