3.1.14

Tiwi Felt sang Pembagi Ceria




Bermula dari pertemuan dengan sebuah buku tentang flannel yang kemudian sempat terlupakan, Tiwi menemukan teman yang lalu mengingatkannya kembali pada sang buku. Browsing-browsing dimulai, belanja-belinji dilakukan, dan ZAPPP…. Inilah dia Tiwi Felt…

Kreasi felt seperti apa, sih, yang dibuat oleh Tiwi?
Tiwi Felt seringnya bikin kreasi berupa gantungan kunci, gantungan hp, boneka pengantin, kaos aplikasi, dan bantal. Kadang bikin tempat tisu dan dompet kecil atau dompet hp tapi sudah jarang sekali karena kupikir untuk produk yang sering dipakai atau dipegang kalo full flanel biasanya gampang brudul (berserabut). Tapi bukan berarti gak bikin sama sekali, biasanya aku padankan dengan bahan lain,yaitu katun. Jadi kalo membuat bantal, bahannya dari katun tapi aplikasinya menggunakan kain flanel.




Sejak kapan, nih, Tiwi mulai serius menekuni handmade?
Suatu hari main ke toko buku, ada buku flanel. Saat itu tahun 2006  buku kreasi flanel masih sedikit. Sempat baca-baca bukunya, sekilas sepertinya membuatnya mudah,tapi bingung juga mau beli bahannya dimana dan lalu terlupakan begitu saja. Tahun 2007 akhir, saat sedang malas-malasnya kerja kantoran sempat ngobrol sama teman,kalo resign enaknya usaha apa. Tiba-tiba terpikirkan lagi tentang si buku flanel yg dulu dibaca. Kebetulan si teman hobi bikin kerajinan tangan dan kebetulan juga dia punya perca-perca kain flanel. Setiap bos tidak ada atau setiap jam istirahat, kami sempatkan untuk browsing kreasi flanel dan menjahit. Hari libur pun kami sempatkan untuk berbelanja bahan-bahan. Temanku ini bisa mendesain, dengan bantuannya aku dibuatkan logo dan mengusulkan nama Tiwi Felt. April 2008 akhirnya aku resign lalu mantap menawarkan kreasi Tiwi Felt lewat dunia maya.


Keunikan seperi apa, nih, yang diusung oleh Tiwi dalam tiap karya-karyanya?
Dari awal Tiwi Felt niatnya ingin mengusung keceriaan. Terlihat dari logo Tiwi Felt yg warna warni. Tapi entah apakah maksudnya sudah sampai atau belum ke teman-temannya Tiwi Felt. Seringnya malah kata teman-teman kreasi Tiwi felt itu lucu-lucu, padahal enggak ada maksud untuk bikin biar lucu, hehehe…. Satu lagi, Tiwi Felt pengennya enggak bikin kreasi yang lagi musim.


Gimana cara Tiwi agar terus bisa berinovasi dan karyanya enggak dibilang monoton?
Berusaha bikin kreasi baru yang belum pernah dibuat. Kadang buntu, enggak tahu mau bikin apa. Akhirnya luangin waktu untuk browsing, mampir ke blog teman, ke blog crafter luar negri, etsy,pinterest, dan lain-lain untuk cari inspirasi. Dijamin muncul ide2 baru. Kreasi lama kita bisa juga kok jadi baru, caranya dengan membuat ulang dan menambahkan sesuatu biar menarik. Misal,dulu bikin boneka rambut keriting,sekarang ganti rambutnya lurus, hihihi…


Menurut Tiwi, hal mendasar apa yang harus menjadi prioritas utama ketika seseorang hendak terjun ke dunia craft?
Niat. Segala sesuatu harus diawali dengan niat. Begitu juga kalo mau terjun ke dunia craft. Kalo niatnya untuk jualan, ya, harus serius. Harus bisa bagi waktu juga antara craft dan kehidupan pribadi. Kalo niatnya baik, segala sesuatunya insya Allah dimudahkan.

Apa pengalaman paling menyenangkan yang pernah Tiwi dapat selama aktif ber-handmade?
pengalaman paling menyenangkan yang pernah Tiwi dapat selama aktif ber-handmade adalah bisa berkenalan sama teman-teman baru sesama pecinta craft. Bisa kenalan sama orang-orang yang karyanya dulu tiwi cari and save di komputer kantor, hihi... Bahkan, akhirnya bisa berteman baik dan ketemu langsung dengan mereka.

Resolusi 2014 Tiwi Felt? Hehe…
Bisa nambah kreasi baru lagi dan bisa punya buku craft karangan sendiri, aamiin….
https://www.facebook.com/pages/TiwiFelt/176600359073645
email : pratiwisusanti@yahoo.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails