17.1.14

Inarity Penyulap Kertas



Ini dia, sepasang kakak beradik penggemar kertas. Segala jenis kreativitas handmade berbahan dasar kertas dijajal keduanya. Bermula dari pertemuan dengan gift box di sebuah toko, Inarity lalu perlahan tapi pasti mencoba turut serta meramaikan gelanggang perhandmade-an dengan karya-karya nan ciamik.

Inarity karyanya banyak memakai material kertas ya? Emang apa aja, nih, yang dibuat oleh Mbak?
Iya, banyak ke kertas. Yang dibikin Gift box , amplop, memo atau photo holder, DIY journal, kartu dan tag. Kadang nerima scrapbook juga...

Apa yg seru dari kertas itu sendiri?
Suka teksturnya, motifnya, baunya, suara kertas pas ditekuk, hehe…



Sejak kapan, nih, mulai tertarik dengan kertas dan handmade sampai bikin Inarity?
Dari kecil kali, ya... Suka ngumpulin kertas binder, loos leaf, terus ngumpulin bekas kertas kado. Tapi mulai serius dijadikan jualan tahun 2009 bareng adik. Kalau SMA dulu sukanya bikin kartu ucapan atau pembatas buku digambar sendiri. Waktu kuliah jualannya berhenti tapi masih suka bikin buat diri sendiri, terutama pas mau ngado temen yang nikah, punya baby, atau ultah. Sesudah menikah dan punya anak satu, adik pas kuliah. Nah, dia pengen punya duit tambahan buat jajan. Kalau saya pengen ngilangin capek karena tugas rumah tangga. Akhirnya sepakat nyoba bikin kartu ucapan. Karena alatnya mahal, akhirnya cari inspirasi lain yang bisa dikerjain pake alat sederhana dan bisa dijual. Pas jalan-jalan di toko Kado Kita di Jogja, lihat kotak kado bagus-bagus tapi mahal. Lalu lihat di toko kado adanya kotak kado yang grosiran. Murah tapi enggak rapi dan kertasnya jelek. Akhirnya kita berdua sepakat, bikin kotak kado dengan kualitasnya sedikit dibawah Kado Kita tapi tetap terjangkau.


Seberapa penting eksplorasi dalam berkarya dan gimana biar kita bisa terus bereksplorasi dan terus inovatif?
Menurut saya eksplorasi itu penting sekali karena dengan mencoba berbagai bahan dan teknik itu akan menambah ilmu kita, pengalaman kita. Memunculkan ide dan produk baru dari situ. Eksplorasi juga membuat kita mengenal referensi bahan dan alat. Di samping itu, agar bisa terus eksplorasi dan inovatif, bisa dengan blog walking, lihat-lihat Pinterest,  karya teman-teman, buku, ikut komunitas craft, ikut workshop.


Nah, ngomongim tentang eksplorasi dan karya, apa kelebihan dan ciri khas Inarity?
Kelebihan karya kita adalah pada sisi handmade-nya. Maksudnya, walau kita produknya banyak jumlahnya tapi tetap unsur handmadenya ada. Tetap dipertahankan sentuhan tangan pengrajin karena memang itu yang kita unggulkan.Kita juga ada rencana bikin produk limited untuk stationary. Jadi produk stationary kita nanti seperti buku diary atau agenda, notes, amplop hias, dan lain-lain. Nanti pengennya kita gambar sendiri Atau bisa juga dihias seperti pakai stamp, di warnai, dan lain-lain.


Gimana cara yang pas bagi para crafter biar enggak jenuh dalam berkarya?
Ngerjain produk baru, share sama sesama crafter, jalan-jalan ke pasar kerajinan Kalau mentok, ya, berhenti ngerjain craft sementara. Berhenti aja selama beberapa saat. Itu sudah cukup.

The greatest things about handmade?
Handmade itu harus dilakukan denga senang hati, jangan dijadikan beban walau bertarget. Handmade itu membawa kehidupan karena dikerjakan dengan tangan. Kata orang jawa "ora obah ora mamah" alias kalau enggak kerja, ya, enggak hidup dan handmade adalah bagian dari kerja itu. Handmade itu berbagi dan bermanfaat. Ilmu yg didapat harus dibagi sama yang lain, jangan dipakai sendiri agar bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails