6.12.13

Benang di Tangan Rakalia Crochet



Crafter yang satu ini punya hobi spesial, memandang tumpukan benang. Yap, sebagai seorang perajut yang senang membuat crochet, mengoleksi benang adalah hal yang rasanya tentu dilakukan oleh para penggemar rajut di belahan dunia mana pun. Mari lewati sejenak tentang benang dan koleksi karena Rakalia Crochet dan karya-karyanya juga sangat menarik untuk diamati. Ingin tahu? Silakan disimak…




Apa yang membuat kamu tertarik menekuni crochet?
Pada awalnya, karena suka melihat hasil rajutan dari teman-teman di internet. Beberapa kali sempat membeli juga. lama-lama saya berpikir, kalau teman-teman bisa membuat seperti ini, kenapa saya tidak? Membuat sendiri sesuatu yang kita suka itu akan menambah poin semangat kita untuk bisa. Ketertarikan saya semakin besar ketika saya punya anak perempuan. Rasanya menyenangkan ketika bisa membuat sendiri aksesoris untuk anak kita.

Karya-karya crochet seperti apa aja, sih, yang dibuat oleh Rakaila?
Yang paling banyak, jepit, bros bunga, dan topi.


Sejak kapan, nih, kamu menekuni handmade? Kok bisa nyemplung? hehehe...
Kurang lebih tahun 2008. Waktu itu saya bikin kerajinan kain felt. Tapi, karena waktu itu anak saya masih kecil dan suka ikut-ikutanan pegang gunting, jarum dan lain-lain terpaksa berhenti dulu. Sampai akhirnya ketemu sama rajutan. Paling enggak, waktu kita bikin nggak harus bawa gunting jadi cukup aman. Merajut jadi hiburan tersendiri buat saya dan berkeliling ke  toko benang itu lebih menghibur daripada  ke toko baju.

Apa motivasi terbesar yang kamu miliki sehingga dapat terus berkarya crochet tanpa henti?
Kepuasan tersendiri aja ketika ada yang suka dengan hasil karya kita. Selain itu, hobi yang menyenangkan ini ternyata bisa menghasilkan juga. Eittss...tapi jangan salah, biarpun menghasilkan, ternyata saya tetap selalu minus tabungan lho, hehe. Karena untuk beberapa teman, saya lebih suka barter karya, dan kalau dinilai dengan uang, pasti uangnya saya pakai buat beli benang lagi dan benangnya numpuk di lemari. Memandang tumpukan benang itu sangat menghibur lhooo... Dan pastinya bisa menambah semangat buat merajut.

Gimana, nih, cara kamu untuk terus melebarkan sayap Rakaila Crochet sehingga dapat selalu diminati oleh para konsumen penggemar handmade?
Paling tidak, saya harus memperbaiki apa yang saya buat dulu. Yang sebelumnya belum rapi hasil rajutannya, harus diubah biar lebih rapi. Dan satu lagi, membuat sesuatu yang memang kita suka dan yakin hasilnya bagus. Memaksa diri kita untuk membuat sesuatu yang kita sendiri kurang sreg, sangat berpengaruh pada hasil yang kita buat.

Sejauh ini, menurut kamu, gimana, sih, kondisi handmade di Indonesia?
Sangat berkembang, apalagi sekarang setiap orang mudah mengakses internet. Dari situ, kita bisa banyak belajar dan sharing dengan banyak teman dalam sebuah komunitas. Hasil karya teman-teman semua luar biasa. Saya pun banyak belajar dari mereka.

Apa yang ingin diraih oleh Rakaila Crochet dengan aktivitas handmadenya?
Saya pengen punya blog, khusus tentang hasil karya saya, ide saya sendiri, dan bisa berbagi dengan teman-teman yg lain. Dan sebuah butik kecil, yang khusus menjual hasil karya saya sendiri, makanya saya pengen belajar dan terus belajar  karena saya merasa masih sangat-sangat jauh dibanding teman-teman yang lain… Doakan yaaaaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails