22.11.13

Sabang sampai Merauke Ala Bnefacraft



Jika Indonesia punya istilah dari Sabang sampai Merauke, mungkin Fitri Siwi sang penggagas Bnefacraft punya istilah dari felt sampai quilling. Ya, perempuan yang menetap di kota Gudeg ini memang membuat begitu banyak karya-karya nan beragam. Dari rasa penasaran dan rasa ingin selalu mencoba, tangan ajaibnya melahirkan karya-karya yang menakjubkan.




Eksplorasinya banyak,nih, dari felt sampai quilling. Apa karya-karya yang dibuat oleh Siwi?
Aku memang suka penasaran dengan bermacam-macam craft, jadinya semua dicobain. Kalau untuk sementara ini felt, paperquilling, sulam pita, perca.


Apa sih yang seru dari handmade sampai dirimu penasaran gitu, hehe…
Handmade itu unik, bahkan tangan yang sama aja enggak bisa bikin barang yang sama persis. Yang pasti bisa bikin kreasi yang beda itu satu prestasi tersendiri dan asyik. Selain ngisi waktu luang juga bisa jadi peluang dapat duit, hehe…

Bnefacraft sendiri apa, nih, patokan yang dijadikan pegangan utama ketika berkarya?
Maunya memberikan suatu karya yang bagus dengan harga yang layak. Lebih kepada memberikan nilai tambah pada bahan baku yang awalnya mungkin murah tapi setelah diolah bisa jadi karya yang enggak murahan. Kayak felt, kan, bagi sebagian orang dianggap murah, bahkan para pembuat kerajinan dari bahan felt kadang juga gila-gilaan kasih harganya luar biasa murah. Aku enggak mau ikut-ikutan kayak gitu. beberapa orang bilang aku bikin craft dengan harga yang lebih mahal. Memang iya, tapi, kan, diimbangi juga dengan kualitas.Misal jahitan yang lebih rapi dan detail. Untuk bros sulam pita juga, aku pakai kain dari jeans bekas yang murah, tapi setelah diberi aplikasi sulam banyak yang suka dan mau bayar dengan harga yang sesuai.


Apa yang menjadi kelebihan alias keunikan yg ada dari karya-karya siwi?
Kalau teman-teman bilang karya-karya saya rapi, njelimet karena detilnya walau kadang saya sendiri merasa biasa saja dan masih perlu banyak belajar. Mungkin karena saya suka bikin karya yang kecil, berukuran mini dengan detil yang sama dengan ukuran normal yangg biasa dibuat teman-teman.


Nah, kalau Bnefacraft sendiri gmn taktik promony nih biar terus eksisss…
Online jalan terus, offline-nya via bazar dan pameran yang kebetulan sering banget diadain di Jogja. Dan enggak pelit-pelit sama customer, misal kasih gift untuk customer. Walau mungkin nilainya enggak seberapa, tapi bisa jadi pengikat customer agak balik lagi ke kita.

Apa penyemangat yang selalu bikin siwi maju terus pantang mundur?
Yang bikin makin semangat karena semakin terbukanya peluang dan pasar untuk barang handmade. Selain itu ingin membuktikan bahwa handmade yang biasanya dipandang sebelah mata itu layak untuk dapat tempat dan dihargai dengan pantas.

https://www.facebook.com/PernikuniksHandmadeCraft

(Nugraha Sugiarta)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails