8.11.13

Momet Gift dan Energi Supernya



Dhiya Maryam adalah salah satu crafter yang memupuk semangatnya untuk berhandmade setelah mengalami satu kisah sedih. Meski demikian, segala kesedihan tersebut memberikan energi besar yang kemudian melipatgandakan semangat sehingga melahirkan suatu hal yang sangat positif. Dari tangannya yang penuh bakat, lahirlah Momet Gift yang gemar dengan kain flannel dan juga dunia rajut-merajut khususnya amigurumi.

Karya-karya rajutan dan flannel seperti apa, nih, yang dibuat Maryam dengan Momet Gift-nya?
Saya suka produk handmade dari kain flannel sejak dulu. Setelah mencoba membuat aneka macam karya dari flannel, seperti gantungan kunci, bros, sampul buku, dan lain sebagainya, saya mencoba berkreasi dengan pakaian bayi yang diberi gambar dan nama. Alhamdulillah saya sangat menikmati sekali menggambar di atas kaos dengan media kain flannel ini. Karena itulah saya mengkhususkan diri membuat kaos dengan aplikasi nama dan gambar. Untuk rajutan, saya masih “serabutan” istilahnya. Karena saya baru sekitar dua tahun belajar merajut dan masih mencari-cari produk rajutan yang mudah dipelajari dan saya minati. Selama ini saya suka membuat bros atau pin, kantung HP, taplak-taplak kecil, tempat pensil, tas, dan baby wear. Namun akhirnya saya jatuh cinta pada Amigurumi. Saya akhirnya mempelajari pola dan pembuatan amigurumi ini, memodifikasi pola-pola yg pernah saya pelajari dan berhasil membuat boneka seperti Barbie. Baju, kerudung, dan sepatunya bisa dibongkar pasang. Dan karena bonekanya memakai jilbab seperti saya, maka saya namakan “Boneka Maryam”.

Apa sebenarnya konsep yang ditawarkan dari setiap karya Momet Gift?
Konsep yang ditawarkan oleh Momet Gift sebetulnya sederhana saja. Konsepnya seperti gift shop, yang ditonjolkan adalah keunikan produk yang dibuat secara personal, unik, dan enggak pasaran. Produk yang saya buat biasanya limited edition. Mungkin karena saya masih mengandalkan mood dalam pengerjaannya, hehehe… Terlebih kalau orang minta saya menduplikasi hasil karya saya sendiri, biasanya saya ngga bisa membuatnya sama persis. Selalu ada saja yang beda, entah itu warna atau memang desainnya. 

Maryam sendiri sudah sejak kapan mulai tertarik dengan dunia handmade? Apa pemantiknya?
Sebetulnya dari sejak kecil saya sudah tertarik dengan aktivitas yang melibatkan seni dan keterampilan. Ibu saya dulu seorang penjahit. Dari kain perca sisa jahit, saya sering membuat pernak-pernik seperti ikat rambut, dompet kain, dan tas dari perca sebatas untuk dipakai sendiri saja. Sayangnya seiring waktu, saya tak pernah membuat lagi hal-hal seperti itu. Selepas kuliah, saya menikah dan menjadi guru di beberapa sekolah swasta dan di bimbingan belajar. Menjadi seorang guru sekaligus ibu rumah tangga membutuhkan fisik yang prima, ternyata kondisi fisik saya saat itu kurang bagus untuk program memiliki momongan dan tidak memungkinkan saya untuk bekerja keluar rumah. Saya sempat keguguran, kandungan saya katanya lemah. Kemudian saya memutuskan berhenti mengajar. Setelah berhenti mengajar, saya hamil dan dikaruniai seorang anak perempuan, namanya Syakirah. Oh, ya, Qadarullaah, anak saya meninggal dalam kandungan beberapa hari sebelum dilahirkan. Ketika itu, dalam kondisi sedih, saya mencoba melakukan berbagai aktivitas agar tidak larut dalam keterpurukan. Dan saat itulah saya belajar merajut dan mulai menggambar di atas baju bayi saya yang belum sempat dia pakai. Kaos dan baju-baju itu saya hadiahkan pada saudara dan teman yang juga memiliki bayi. Tak disangka, mereka sangat menyukai karya saya dan memesannya, lalu dengan bantuan mereka dan support dari suami, saya dapat menjual kaos itu secara online dan lebih serius.

Menurut Maryam, apa kelebihan karya-karya Momet Gift dibandingkan dengan produk lainnya yang sejenis?
Menurut saya, kelebihan karya-karya Momet Gift terletak pada kualitas desain dan bahannya. Untuk flannel. Saya percaya diri, hasil jahitan tangan saya lebih rapi. Desain gambar saya orisinil, kecuali kalau konsumen mengajukan request desain sendiri. Untuk karya rajutan, saya mendapat testimoni dari beberapa pelanggan saya, katanya rajutan saya lebih rapat dan rapi dan mereka juga suka dengan paduan warna yang saya buat dalam produk-produk itu. Untuk amigurumi, saya sekarang bisa membuat sesuatu dengan pola ciptaan sendiri.

Bagaimana cara Maryam untuk menyiasati pasar agar terus melirik karya-karya dari Momet Gift?
Saya selalu menjaga semangat saya untuk belajar, termasuk dalam hal ini strategi marketing. Sebetulnya saya enggak punya strategi apa-apa dalam usaha memasarkan produk-produk saya. Hanya mengandalkan social media, itu pun baru sebatas Fans Page di Facebook. Saya pernah memiliki website berbayar, tapi tetap saja pembeli terbesar bersumber dari Facebook. Agar dilirik orang, saya berusaha membuat produk-produk baru atau produk lama dengan warna baru. Biasanya dengan begitu, mereka jadi tertarik. Selain itu, menjaga hubungan baik dengan para pelanggan merupakan sumber kekuatan pemasaran produk saya. Seringkali pelanggan saya ikut mengiklankan produk saya pada rekan-kerabatnya.


Apa keinginan terbesar yang ingin diwujudkan Momet Gift?
Keinginan terbesar yang ingin diwujudkan Momet Gift adalah memasyarakatkan kreativitas dan mengkreatifkan masyarakat. Supaya masyarakat lebih mandiri dan bermanfaat bagi diri sendiri serta orang lain. Selain itu, ada keinginan yang lebih pribadi, saya ingin punya galeri sendiri dan toko offline. Doakan ya, hehe…

Hal paling inspiratif dari aktivitas handmade menurut Maryam?
Saya pikir aktivitas handmade dapat mengasah kreativitas, itu sudah pasti. Bonusnya, bisa menghasilkan uang sendiri. Tapi ada hal lebih besar dari itu, yang sudah saya rasakan sendiri. Manfaat dari aktivitas ini adalah sebagai TERAPI. Ya, saya mampu melalui masa-masa sedih dan kehilangan terberat dalam hidup saya dengan melakukan aktivitas handmade ini. 

4 komentar:

  1. Teh maryam memang mantabbb.trs berkreasi teh.sukses selalu:)

    BalasHapus
  2. Top bgt teteh:)
    Sukses ya the,maju dan selalu berkreasi :)

    BalasHapus
  3. sukses trs ya neng maryam , baarokallaahu fiik.....

    BalasHapus
  4. Halo,. salam kenal, saya ikut promosi yaa..
    kami PINBOO Bandung tlp.(022)91147817 - 081320620692 (http://www.pinboo.org) hendak menawarkan pruduk PIN, dlm berbagai model mulai seperti pin penitik, pin gantungan kunci bolak-balik, pin gantungan kunci crop pembuka botol, pin magnet,dan pin gantungan kunci 1 muka, serta bahan baku pin mulai dari ukuran 25mm s/d 75mm. cetak dan jual bahan mug.
    menjual juga kertas inject & kertas photo.
    kami juga menjual laminasi(glossy, salur/kanvas, gliter, dll). selain itu juga membuat id-card instan & menjual bahan baku id-card 2 muka (bolak balik), tali idcard / sablon tali id card, yoyo id card, dll
    terimakasih.. (proprint_pinboo@yahoo.com)

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails