15.11.13

Lavata, Dari Benang Turun ke Rajut



Para perajut mungkin adalah sejenis manusia yang selalu ada keseharian. Selalu ada di segala masa. Pun demikian perajut yang satu ini. Melalui Lavata, Prafika Phasa a.k.a Fika membenamkan semua mimpinya melalui warna-warni benang yang sangat ia gemari. Mau mulai belajar merajut? Cek pergosipan kami di bawah ini!

Apa yang bikin fika tertarik dengan rajut-merajut?
Aku suka dengan warna-warni benangnya. Hanya dari seutas benang kita bisa membuat banyak bentuk dari kait mengait dan itu full hanya menggunakan dua tangan. Jadi pertama belajar pas SD waktu melihat ibu membuat pesanan peci rajut. Oleh ibu Cuma diajarin rantai dan membuat tusukan. Setelah lulus sekolah, baru tahu kalau benang untuk rajut itu buaaaanyaak bgt... Hasil rajutan macam-macam banget hasilnya dan bisa berbagai motif. Baru di situ aku belajar lebih dalam, belajar tentang nama-nama tusukan.

Rajutan apa aja, nih, yang Fika buat dengan Lavata-nya?
Paling banyak bros rajut. Terus buat taplak square warna-warni, bandana rajut, dan topi rajut model afika untuk anak-anak. Untuk sekarang lagi ngerjain tas handphone, pouch, dan tas selempang.


Apa ciri kece yang ada pada setiap karya Lavata?
Produk lavata memberikan hiasan dari rajutan berupa bintang bunga dan pita. Padu padan warnanya juga disesuaikan tema dirajut dg sepenuh hati, jadi hasil rajutannya rapat dan kencang, enggak asal-asalan.


Keceeeeee, hehe… Oh, ya. Inovasi seperti apa yang akan direncanakan Lavata di masa depan?
Rencana ingin fokus di tas rajut yang dipadupadankan dengan batik dan kain tenun, juga kain katun jepang yang bermotif. Sekarang mau belajar dulu gimana menggabungkan rajut dengan kain biar rapi. Satu lagi, ingin menggeluti dunia amigurumi.

Menurut kmu, apa hal paling sulit ketika mau memulai belajar merajut?
Kalau dari pengalaman saya, bergantung individunya. ada yang sekali diajarin tangannya langsung lentur. Hal yang paling sulit pas pertama megang hak dan benangnya. Terus sama ngitung banyaknya variasi tusukan.

Kalau begitu, apa yang harus jadi perhatian utama ketika seseorang mulai belajar merajut?
Pertama yang harus disiapkan kesabaran karena kalau pertama banget pegang hak terasa susah. Harus terus berlatih terus buat ngelemesin tangan. Latihan rantai terus diulang-ulang, lanjut ke tusuk single, terus dan terus sampai tangannya bisa lemes ngerajut. Baru dari sana dikembangin. Yang penting dasarnya kita sudah bisa, pasti buat ngembanginnya jadi gampang.


The wildest dream yang dimiliki seorang Fika dengan Lavata-nya?
Bisa membuat rumah rajut yang memajang kreasi rajutan dan memberikan pelatihan rajut. Punya banyak pegawai rajut dan diliput banyak media. Dan untuk tas mix-nya bisa sampai go international, amiiiiin…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails