4.10.13

Mari Membuat Kertas Daur Ulang

Kertas sejatinya adalah dilema. Semakin banyak manusia di muka bumi, semakin banyak kertas dibutuhkan di dalam keseharian dan semakin banyak kertas, akan semakin banyak pula pohon-pohon yang merupakan bahan dasar pembuatan kertas harus menyerahkan nyawanya. Namun, tentu saja penggunaan kertas tidak dapat dihindari. Fungsinya cukup vital. Pun demikian halnya para crafter yang kerap menggunakan kertas dalam berkreasi. Istilah kertas daur ulang lalu muncul untuk menandakan penggunaan kertas bekas yang telah diolah sedemikian rupa sehingga dapat digunakan kembali. 

Nah, untuk pembuatan kertas daur ulang sendiri sebenarnya bukanlah hal sulit. Alat yang dibutuhkan pun sangat sederhana. Berminat membuat sendiri? Siapkan blender, batu bata, kain bekas,screen (cetakan), baskom, dan tentu saja kertas bekas. 


Pertama yang harus dilakukan adalah menyobek-nyobek kertas menjadi ukuran kecil dan rendam selama satu malam agar kertas menjadi lunak. Setelah itu, blender kertas yang telah direndam tersebut. Kertas yang telah diblender dan menjadi bubur lalu dimasukkan ke dalam baskom dan dicampur air dengan perbandingan 1:3. Untuk mempercantik, rendaman tersebut dapat dicampur dengan pewarna alami sesuai dengan warna yang nantinya diinginkan.

Selanjutnya, masukkan screen ke dalam baskom dan untuk menyaring bubur kertas yang telah bercampur dengan air tersebut dan letakkan di atas kain screen. Tutup screen tersebut dengan kain dengan triplek di atasnya dan tumpangkan batu bata sebagai pemberat. Tunggu sampai screen tersebut kering dan angin-anginkan bubur kertas untuk melakukan pengeringan lebih lanjut. Jangan pernah mencoba untuk memaparkannya di atas sinar matahari secara langsung dalam proses pengeringan. 

Dan setelah kering? Simsalabim! Kertas daur ulang siap digunakan untuk bahan dasar membuat karya-karya handmade.
(Nugraha Sugiarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails