18.10.13

Kenisha Craft yang Terus Belajar



Dari bara matahari nun jauh di Sidoarjo, Niar sang penggagas Kenisha Craft terus menelurkan karya. Bersama Komuter Ijo, sebuah komunitas crafter di Sidoarjo, bagian timur Jawa yang selama ini terkesan adem ayem dalam kegiatan craft mulai menampakkan gejolak ber-handmade. Semakin banyak karya semakin bagus, demikian mungkin motor yang dimiliki Kenisha Craft. Yap, memilih untuk terus belajar, Kenisha Craft terus menciptakan kreasi-kreasi baru nan menawan.


Halo Kenisha… Apa kabar, nih, dunia handmade di timur pulau Jawa, hehe…
Halo juga... Wah, di sini dunia handmadenya makin rame aja, makin banyak pendatang baru dan makin banyak kreasi kreasi baru.

Kenisha sendiri sudah semenjak kapan aktif berhandmade ria?
Kisahnya berawal pada suatu hari, hehehe… Sebenarnya mulai bisa jahit sejak kuliah, lalu karena kesibukan kuliah dan kerja saya tinggalkan dunia menjahit. Keinginan untuk kembali berkarya muncul lagi saat hamil anak pertama. Saya mulai bikin tas dan dompet kemudian mulai saya coba untuk dititipin di toko-toko tas di dekat rumah, tapi produk buatanku kalah bersaing dengan produk pabrikan yang notabene lebih murmer. Akhirnya aku kembali vakum. Nah, setahun yang lalu aku ketemu dengan beberapa crafter. Dari seringnya curhat dan ngobrol bareng akhirnya kita bikin komunitas crafter sidoarjo atau lebih terkenal dengan sebutan Komuter Ijo. Dari Komuter Ijo inilah aku terpacu untuk berkarya kembali apalagi teman-teman di Komuter selalu memberi dukungan dan semangat, akhirnya jadilah sekarang Kenisha Craft.


Apa aja karya yang dibuat oleh Kenisha?
karena aku masih pakai sistem made by order, jadi karya yang dibuat bermacam macam tapi semua masih berhubungan dengan menjahit, mulai tas, dompet, pouch, baby stuff, bahkan dress. Tapi kenisha sendiri pengen lebih fokus sama organiser seoerti tas, dompet, dan  sejenisnya.


Gimana proses kreatif yang dijalani Kenisha sehingga idenya untuk berkarya enggak mentok?
Rajin belajar, hehe… Aku ini tipe orang yang suka belajar dan mencoba hal hal baru. Belajar bisa dari mana saja, dari buku, internet, dari orang lain, bahkan pas jalan jalan bareng suami juga bisa sambil belajar. Saya ini juga penggemar berat crafter jepang, karyanya mendunia dan menginspirasi sekali, jadi aku juga belajar dari buku-buku mereka.

Kalau Kenisha sendiri apa, nih, keunikan yang dimiliki dari karya-karyanya?
Sebenarnya produk-produk Kenisha hampir sama dengan yang lain cuma sekarang yang mau saya jadikan ciri khas di kenisha adalah renda. Saya sangat suka dengan renda jadi saya selalu memberikan renda sebagai aplikasi tambahan buat produk-produk saya.

Menurut Kenisha, apa sebenarnya yang seharusnya menjadi dasar dan pegangan utama para crafter dalam berkarya?
Dasar dan pegangan utama para crafter menurut saya adalah kecintaan dan kreativitas, jadi mencintai apa yang dikerjakan. kalau kita sudah suka dengan apa yang kita kerjakan maka kita akan mengerjakan dengan sepenuh hati dan gak asal asalan. Kalau kreativitas, setiap crafter harus selalu mengembangkan kreativitasnya, jangan hanya terpaku pada satu jenis craft saja karena itu akan mematikan kreativitas kita. Semakin banyak mencoba maka akan semakin banyak hal baru yang bisa memacu kreatifitas kita.

Keinginan yang ingin diwujudkan oleh Kenisha di masa mendatang?
Kalau keinginan yang bersifat pribadi saya ingin Kenisha ini akhirnya berkembang lebih besar lagi, bisa punya butik dan akhirnya bisa go international. Saya juga ingin memberikan pelatihan crafting bagi ibu-ibu atau remaja putri bersama Komuter Ijo dengan harapan mereka bisa menjadikan keterampilan yang sudah diperoleh untuk membantu suami dengan bekerja di rumah jadi enggak perlu meninggalkan anak dan keluarga. 
Twitter @KenishaCraft
Path : kenisha craft 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails