25.10.13

Batik Bali

Beberapa waktu yang lalu, seorang kawan tiba-tiba menawarkan selembar kain. " Batik Bali," demikian ia jelaskan singkat.

Saya amati, bagus benar segala lurik alias motifnya. Ciri khas batik Bali sendiri terletak pada motifnya yang merupakan perpaduan antara tradisional dan modern. Sentuhan tradisional batik Bali dihadirkan dengan adanya gambar khas binatang seperti burung bangau, kura-kura, dan rusa. Ada pun sentuhan modern batik Bali terlihat dari warna-warna kain yang cerah dan corak bergelombang. Para pengrajin batik Bali lebih mempunyai keleluasaan dalam berekspresi dibandingkan pengrajin batik dari pulau Jawa yang cenderung mengikuti suatu pakem tertentu.

Keleluasaan yang dimiliki oleh para pengrajin batik Bali ini membuat eksplorasi yang dihasilkan lebih berani serta mengandung kebaruan. Batik Bali sendiri banyak terinspirasi dari segala hal yang berada di Bali. Maka tidak heran jika kemudian motif yang ada pada batik ini banyak dipengaruhi oleh unsur sejarah terutama pada zaman sansekerta. Di samping itu, batik Bali sendiri dipengaruhi oleh kisah-kisah pewayangan yang ada di kawasan Jawa.Tentu saja, kedekatan wilayah menjadi alasan logis sehingga terjalin percampuran budaya yang cukup kuat.

Jika di kelompokkan, batik Bali sendiri digolongkan dalam tiga bagian, yakni, batik lukis, tulis, dan batik kombinasi yang merupakan perpaduan antara batik lukis dan batik tulis. Industri batik di Bali sendiri mulai berkembang pada medio 1970-an. Industri tersebut dipelopori antara lain oleh Pande Ketut Krisna dari Banjar Tegehadengan teknik tenun-cap menggunakan alat tenun manual yang dikenal dengan sebutan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Seringnya orang Bali mengenakan batik untuk berupacara sebagai bahan kain maupun ikat kepala mendorong industri batik di pulau ini terus berkembang. Kini di Bali telah tumbuh puluhan industri Batik yang menampilkan corak-corak khas Bali, bahkan telah pula muncul batik Bali yang mencampurkan corak-coraknya dengan batik yang ada di pulau Jawa.
(Nugraha Sugiarta)


3 komentar:

  1. Artikle yang sangat keren, semoga sukses selalu

    Ingin Liburan Ke karimun jawa dengan aman dan nyaman di karimunjawa ? Ingin Paket Wisata Karimunjawa dan gak murahan? Hubungi Kami "Raja Karimunjawa" biro lokal asli paket wisata Karimunjawa . Untuk Book Paket Karimunjawa dan Tour Karimunjawa , silahkan hubungi kami karena kami biro karimunjawa dan trevel karimunjawa terpercaya. Paket wisata karimunjawa Murah tapi mewah, murah tapi gak murahan. Kepuasan Wisata Karimunjawa anda di pulau Karimunjawa adalah kebahagia'an dan tujuan kami. Terimakasih telah mempercayakan paket wisata karimunjawa bersama kami Agen Wisata Karimunjawa dan mebel jepara. silahkan Untuk booking paket lebaran karimunjawa dan paket tahun baru karimunjawa

    BalasHapus
  2. Istimewa banget batiknya. Harganya kisaran berapa ya?
    Sewa Mobil di Malang

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails