20.9.13

Perjalanan Quilt House by Ummu Fatima



Bermula dari perjalanan ke India, Sri lalu mulai tertarik dengan dunia handmade. Well, ini kisah bukan seperti film Eat, Pray, Love-nya Julia Roberts, tapi Quilt House adalah cerita ketika kebosanan melanda, kreativitas serta-merta memuncak.

Firstt… Apa, nih, sebenarnya yang menarik dari aktivitas quilting seperti yang dilakukan Mbak Sri?
Aktifitas yg paling menarik dari quilting itu adalah proses menjahit aplikasinya yaitu mejahit dan menggabungkan kain kecil-kecil sehingga menjadi sebuah gambar, entah itu boneka atau karakter, rumah, bunga, dan lain lain. Di sini saya tertantang dan penasaran akan hasil akhir dari aplikasi tersebut.

Karya-karya quilt apa ajakah yang dibuat oleh Mbak Sri dengan Quilt House by Ummu Fatima-nya?
Karya quilt yg udah dihasilkan seperti tas,pouch,wallet.

Apa yang harus menjadi fokus utama bagi orang yang pengen belajar membuat karya quilt?
Fokus utamanya adalah kesabaran karena quilt itu lumayan lama pengerjaannya dan untuk itu dituntut untuk teliti serta enggak buru-buru agar hasilnya detail, rapi, dan bagus.


Semenjak kapan, nih, Mbak Sri hobi berhandmade?
Saya mulai hobby berhandmade ketika berada di india tahun 2011. Karena jenuh di negeri orang enggak ngapa- ngapain, akhirnya iseng browsing di internet, terus ketemu, deh, crafter-crafter Indonesia. Dilihat-lihat, kok, karyanya bagus-bagus. Awalnya, sih, saya suka sama rajutan, terus mulai belajar rajut, tapi ternyata passion saya enggak disitu. Lalu lihat kerajinan quilt jadi pengen bisa juga. Nyoba-nyoba dan akhirnya ketagihan sampai sekarang di jahit menjahit.


Oh, ya. Mbak Sri dengan Quilt House by Ummu Fatima-nya sendiri gimana, nih, melihat perkembangan dunia handmade yang sekarang makin beragam?
Senang ya… Perkembangan handmade di indonesia begitu pesat sehingga semakin banyak crafter yang bisa dijadikan inspirasi dalam berkarya. Inspirasi maksudnya adalah yang bisa menjadikan kita semakin semangat untuk berkarya lebih baik lagi. Semakin banyak handmade dan crafter baru yang bermunculan, makin banyak produk indonesia yang dihasilkan dan mudah-mudahan bisa merambah ke market internasional.


Sebutin hal paling menarik yang terdapat pada Quilt House by Ummu Fatima…
Ciri utama yang terdapat di quilt house itu adalah applique atau aplikasi yang dijahitkan di tas atau wallet. Aplikasinya sangat detail sekali, seperti bagian wajah, rambut, tangan, dan itu bagiannya sangat kecil-kecil sekali serta  benar-benar handmade, dijahit pakai tangan, kemudian bahan  dan warna juga cenderung ke warna soft  coklat muda , krem, biru muda.

Pesan spesial dari Mbak Sri untuk para penggemar handmade di seantero bumi?
Pesan terakhirnya jangan pernah berhenti berkarya walaupun ada yg mencela karya kita. Jangan pernah down ketika melihat hasil karya orang lain yang lebih bagus dari yang kita bikin, jadikan kesalahan sebagai sebuah proses pembelajaran. Motivasi diri sendiri bahwa kita bisa melakukan hal yang sama dengan orang-orang  yang sudah sukses terlebih dahulu. Terakhir, jangan lihat apa yang orang lain buat, tapi fokus pada apa yg bisa kita lakukan,lakukan itu dan hasilkan karya terbaik yang bisa kita dihasilkan…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails