6.9.13

Membaca Bandung Zine Fest 2013

Sore sudah hampir habis ketika saya dengan susah payah memarkirkan motor di kitaran Gedung Indonesia Menggugat (GIM). Bersama seorang sahabat dari ibukota, akhirnya tibalah saya di depan pintu masuk, Bandung Zine Fest. Well, ini adalah event langka. Siapa yang tidak penasaran ingin sejenak mengintip beragam majalah yang tidak mainstream a.k.a jarang dilihat di antara ratusan majalah beroplah besar dan berwarna cerah yang setiap hari mengepung kita.

 
Setelah menyapa sana-sini beberapa wajah kenalan yang menyemut di depan pintu masuk, saya berhasil menyelinap. Ratusan majalah dengan segera memanjakan mata. Jikalah saya memiliki seribu mata, mungkin tanpa kenal lelah akan saya baca semua majalah yang ada di sana. Tiap meja saya datangi, ada yang menawarkan dengan harga terjangkau dan tentu saja ada pula yang free. Ini yang saya suka! 

Dipojok ruangan, terpajang sebuah mesin fotocopy yang tengah ngos-ngosan melayani animo pengunjung. Yap, sebagian besar majalah tersebut memang dengan penuh sukarela memperbolehkan para pengunjung untuk memfotocopy majalah-majalah yang diinginkan. Adapun di pojok ruangan lain, segala macam diskusi dan workshop tanpa kenal henti terus meramai. 

 
Ajang ini, tentu selain menawarkan berbagai pilihan media lain di samping yang telah kita kenal, menjadi ajang pertemuan yang menyenangkan antara para pembaca majalah indie yang selama ini terkesan menjadi minoritas serta antar zinemaker. 

Sebagai sebuah gerakan alternatif, Bandung Zine Fest 2013 berhasil menampilkan sebentuk ephoria yang selama ini bersembunyi di tengah kehidupan kota nan sibuk. Ruang yang tak lagi menyisakan waktu untuk menampilkan sesuatu yang berbeda. Lebih lanjut lagi, event ini setidaknya menyadarkan kita bahwa selalu ada pilihan. Seperti para pembuat majalah yang berpartisipasi di sini. Memilih untuk mewujudkan apa yang diinginkan tanpa perlu sungkan dan tanpa perlu merasa rikuh karena menolak bentukan pasar yang selama ini telah mapan.
(Nugraha Sugiarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails