13.9.13

Berpanjang Lebar dengan Hey You Stuff

Dengan karya-karyanya yang terkesan nakal dan unik, Hey You Stuff berbicara panjang lebar mengenai proses kreatif yang dijalaninya. Mulai dari semangat yang tak pernah padam sampai permasalahan bahan dan deadline yang terus memburu tanpa kenal kata berhenti. Seperti apa, sih, hari-hari yang dijalani oleh Hey You Stuff? Yuk, kita tengok sejenak!

Karyanya tampak banyak, hehe… Pernak-pernik seperti apa, sih, yang dibuat oleh dirimu?
Barang utama yg dibuat adalah Sockdoll dan kalung dengan ciri khas Hey You. Ciri khas Hey You dalm sockdoll adalah berbentuk monster berwarna-warni dengan bentuk suka-suka Crafternya dan kalung ciri khas Hey You adalah kalung berwarna-warni dengan bentuk unik. Lalu sisa waktunya dipakai untuk membuat tempat gelang, tissue box flannel, tas, pouch, dan key chain untuk mencari uang jajan tambahan, hehe…



HeyYou Stuff kan berwarna-warni banget karya-karyanya. Sebenarnya, apa konsep yang dimiliki oleh HeyYou Stuff?
Konsep dari Hey You sebenarnya adalah “Badung, Unik dan Eye Catching”. Saya sebagai crafter tunggal di Hey You, sangat menyukai warna-warna cerah dan mencolok. Saya juga sangat menyukai bentuk yang aneh atau tidak biasa. Jadi saya tinggal menyalurkan hobi dan imajinasi saya ke dalam Hey You sambil sedikit menyesuaikannya dengan selera konsumen… Lalu…Taraaa…!!! jadilah hasil karya dari Hey You.



Permonsteran banyak mendominasi karya-karyanya. Kenapa memilih monster atau yang creepy-creepy tapi unyu gitu?
Hehe…iya…saya paling suka dengan karakter badung, dan Innocent. Di mata saya, karakter itu lebih menggemaskan ketimbang “imut”. Dan saya memilih monster, karena saya dapat membuat bentuk dan mimik mukanya sesuai keinginan saya. Saya pikir monster adalah makhluk yang memiliki karakter  paling luas untuk saya berimajinasi.


Kalau kamu sendiri melihat persaingan usaha di dunia handmade sendiri seperti apa? Gimana kans para crafter untuk terus berkembang?
Persaingan di dunia handmade menurut saya terbagi dua, apakah kita menggeluti handmade berdasarkan materialism atau idealisme? Ketika menggeluti handmade berdasarkan materialisme, berarti karya kita sebagian besar akan menuruti selera pasaran. Itu berarti kita akan bersaingan dalam kesempurnaan karya, harga, promosi, jumlah produksi, selera konsumen… Ya seputar itu. Tapi ketika kita membuat handmade berdasarkan idealisme, maka kita akan bersaing dalam hal keunikan barang juga. Pendapat saya agar para crafter dapat terus berkembang adalah nyemplung sekalian basah! Hehehe… Maksudnya jangan nanggung-nanggung. Ketika para crafter membuat barang yg tanggung-tanggung, maka pendapatannya pun akan tanggung-tanggung, itu yg seringkali membuat crafter menyerah dan beralih ke pekerjaan lain. Lalu saran saya yg kedua, jangan mudah menyerah! Karena yg namanya pekerjaan wirausaha itu bukan pekerjaan yg dapat langsung menghasilkan banyak uang. Karena itu, bergelutlah dengan tekun, terus belajar ilmu craftnya dan jangan lupa banyak belajar juga dari crafter lainnya. Terakhir adalah, jujur dalam berbisnis, buatlah barang seunik dan serapi mungkin dengan kualitas yang juga setahan banting mungkin serta Ramahlah ketika berjualan. Maka ketika para customer puas, kamu juga akan merasakan kepuasan tersebut.


Menurut kamu, apa permasalahan umum yang sering ditemui oleh crafter ketika ia menggeluti dunia handmade. Gimana kamu mengatasinya?
Hehe… Kalau teman sesama crafter sih biasanya panik nyari penjahit karena jahitannya belom pada selesai padahal deadline udah dekat. Lalu di Jogja saya merasa bahannya kurang beragam, harga stand yang semakin mahal, persaingan dengan sesama teman, dan konsumen yang merasa harganya terlalu mahal. Untuk mengatasinya ya… Supaya tidak dikejar deadline, saya harus berusaha mengatur jadwal seketat mungkin. Kalau memang tidak sempat jangan paksa menerima order.  Lalu untuk bahan yang kurang beragam saya bisa membeli via online dan memadu-madankan dengan bahan yang ada di rumah sehingga akhirnya tetap unik dan tidak terlalu mahal. Kalau untuk stand yang mahal saya akan patungan dengan crafter lainnya agar bisa berjualan bersama dalam satu stand dan untuk persaingan sesama teman crafter lainnya itu akan saya gunakan sebagai semangat saya untuk terus mencari ide. Nah kalau untuk konsumen saya akan berusaha memberi tahu mereka bagaimana rumitnya proses pembuatan sebuah barang itu sampai bisa mengerti kenapa harga barang handmade itu cenderung mahal. Dan ketika semua itu dijalani dengan baik, kesulitan yang tadinya ada menjadi tidak ada.



Apa, nih, kelebihan atau keunikan yang dimiliki oleh HeyYou Stuff?
Kelebihan dan keunikan Hey You… mmm… Barang-barang yang seperti ini ya mungkin adanya cuma di Hey You dan saya akan berusaha untuk terus selalu memperbaharui ide saya dalam membuat barang baru supaya selalu fresh.



Harapan terbesar yang dimiliki HeyYouStuff?
Harapan dalam Hey You hanya mencakup beberapa point sederhana sebenarnya. Saya ingin membuat orangtua saya percaya dan bangga terhadap pekerjaan seni yg saya rintis sendiri sejak awal. Saya ingin dapat bersama-sama dengan suami saya untuk mencari rezeki agar anak kami dapat hidup tenang dan tumbuh menjadi manusia yang baik. Cita-cita saya pribadi ingin sekali Hey You dapat membantu di bidang pemberdayaan perempuan, misalnya mengajari kerajinan tangan kepada para perempuan atau membekali generasi adik-adik kita agar ketika dewasa nanti mereka mempunyai kemampuan lebih dalam kerajinan tangan. Dan yg terakhir adalah saya sangat ingin Hey You dapat membantu para satwa yg tersingkirkan agar mendapatkan penghidupan yang layak karena di Indonesia ini sedikit sekali yang peduli pada mereka.
https://www.facebook.com/satoko.heyyou


(Nugraha Sugiarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails