30.8.13

Kisah Kue dan Kain Flannel

Dari sebuah buku yang terlupakan, Dilises Felt memulai semuanya. Buku murah  yang di beli di depan kampus tersimpan selama enam tahun sampai akhirnya benda berharga tersebut membuka segala hasrat dan mimpinya. Dan seperti sulap, abracadabra, replika kue bermunculan. Dilises Felt menjelma menjadi crafter penuh semangat.
 
Kreasi felt seperti apa, sih, yang dibuat oleh Dilises Felt?

Kreasi kain flannel replica cake aplikasinya cover kotak tisu replica cake, mobile holder replica cake, tempat cd replica cake, taplak meja replica cake, gantungan kunci replica cake, pokoknya semuaaaa tentang cake saya sukaaaa buatnya. Cintaaa bgt.



Apa yang menarik dari kain flannel sampai memilihnya sebagai fokus utamanya dalam berkarya?
Awalnya dulu saat kuliah seneng beli buku bekas yang diobral di kampus. Waktu itu saya lihat ada satu buku kerajinan kain flannel dan saya beli. Kemudian mencoba mempraktekkannya di rumah dan enggak bisa. Enam tahun kemudian saya sudah menikah dan punya anak, tak ada kerjaan saya mulai mencari buku itu lagi di rumah. Mulai lagi mencoba membuat seperti apa yang dibuku. Belum bisa juga… Akhirnya saya browsing di internet tentang kain dan nemu replica cake dari kain flannel. Saya mencobanya, saya suka, saya bisa, saya tertantang terus membuat lebih baik lagi. Saya terus merasa tertantang untuk terus mendesain atau mendekor replica cake baru. Alhamdulillah sudah dua tahun ini saya menghasilkan sekitar seratusan desain replica cake. Menariknya lagi, kain flannel itu warnanya cerah-cerah eye catching gitu, bahannya mudah dibentuk, dan mudah didapat. Kemudian saya merasa senang ketika saya bisa mempekerjakan ibu-ibu yang memang berbakat dan perlu uang tambahan.


Apa yang menjadi pegangan alias patokan utama Dilises Felt dalam berkarya sehingga kualitas karya-karyanya tetap terjaga?
Ada beberapa hal yang menjadi peganggan agar kualitas tetep terjaga. Pada saat pemolaan dan pengguntingan quality control terus dijalankan, misalnya pengguntingan pola harus smooth. Terus pada saat penjaitan cover, Alhamdulillah org mengira seperti jahit mesih padahal semuanya jahit tangan. Pada saat penempelan topping, kebersihan dan kerapihan saat pengeleman sangat dijaga. Jangan sampai lemnya belepotan. Untuk Pembuatan topping, berusaha membuat topping semirip mungkin dengan aslinya. Terakhir, saat packing, bagian quality control selalu mengecek poin-poin di atas agar kreasi dilises felt sampai tidak mengecewakan pelanggan.

Apa, nih, yang menjadi kelebihan dari karya-karya Dilises Felt?
Kelebihannya ada pada desain, kesimetrisan dalam menyusun topping sehingga terlihat rapi dan cantik, kombinasi warna yang ciamik…Banyak yang bilang karya Dilises Felt mirip cake bangeet, sering banyak yang datang ke rumah ingin membeli cake ulang tahun saking miripnya.

Apa yang membuat kamu menyukai dunia handmade?
Kecintaan saya menggambar cake bisa diwujudkan melalui flannel dan itu luar biasa, selalu ada kebanggaan dan kepuasaan saat kreasi kita sampai ditangan pelanggan dan kemudian mereka merespon dengan sangat antusias…. Waw, kereeen bgt.  Makasih sangat sama Alloh yang sudah kasih ide luar biasa untuk ngedesain segitu yummy-nya replica cake, Maha Pemberi segala ide.

Kalau Dilises Felt sendiri melihat dunia handmade saat ini seperti apa?
Penghargaan terhadap handmade masih kurang dibandingkan di luar sana. Beberapa kali saya pernah bicara dengan orang luar yang tertarik dengan karya dilises felt, bahwa harga yang saya bandrol sangat terlalu murah untuk kreasi sedetail ini… Mungkin mesti ada edukasi mengenai produk handmade kepada masyarakat kenapa produk handmade agak sedikit mahal sehingga perkembangan handmade makin aman lancar jaya kayak jalan tol hehe.. Terus ada fasilitas dari pemerintah untuk menampung UKM  handmade, misalnya. Jadi ada bimbingan mulai dari cara menentukan harga, bikin branding, bikin strategi pemasaran, dan sebagainya.




Keinginan Dilises Felt di masa depan?
Memiliki toko offline. Memiliki karyawan tetap. Pengen setiap rumah punya cover kotak tisu replica cake karya dilises felt hehehe... Pengen melegalkan brand DILISES FELT agar tidak lagi banyak pembajakan foto. Aamiin.

https://www.facebook.com/replika.cake
http://www.dilisesfelt.blogspot.com/
alamat :
Taman Pagelaran, Jalan mawar 3 blok G12 no. 8 

Ciomas - Bogor
hp 081314535528
pin 28f327e9


(Nugraha Sugiarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails