2.8.13

Ketika Tobucil Ber-Stop Motion



Sore sudah nyaris habis ketika beberapa hari yang lalu saya tiba di Tobucil. Apa lacur, hasrat mengikuti workshop singkat tentang stop motion sambil ngabuburit tak sepenuhnya terpenuhi. Tentu, tak semuanya gagal total. Meski tak sempat mendapat materi, kedatangan saya disambut oleh kesibukan para peserta yang tengah asyik bersiap membuat stop motion. Ada upi yang tengah menyusun tumpukan rajutan, Tarlen dengan boneka matrioska, sampai Arum yang sibuk menyusun tangga nada dari meteran demi membuat stop motion untuk kepentingan band super hebring Tetangga Pak Gesang. Plus beberapa kawan lainnya yang dengan setia rela antri menanti giliran membuat stop motion.





Sudah barang tentu, dari kesemuanya, Tile dan Ambon sebagai mentor paling trengginas hari itu tampak sibuk di depan kamera dan laptop. Kamera tiada henti menjepret, gambar demi gambar diambil sambil terus mengamati hasil jepretan di layar laptop. Beberapa kepala yang tidak bisa menyembunyikan rasa penasaran turut pula ramai berkerumun menyaksikan. Pun demikian pula halnya dengan saya yang memang sedikit udik untuk urusan pembuatan stop motion.

Lalu, apa sebenarnya stop motion itu sendiri? Secara ringkas, stop motion adalah sebuah teknik animasi yang memanipulasi gambar atau objek diam dengan sedemikian rupa sehingga terlihat bergerak. Dengan mengandalkan frame demi frame yang diambil melalui kamera foto, stop motion lalu menggabungkan kesemua gambar tersebut sehingga menghasilkan film yang terlihat unik,bergerak kasar, dan tidak terlihat mulus. Di sinilah kemudian letak dari perbedaan antara stop motion dibandingkan video bergerak lainnya. Tentu saja, dalam pengerjaannya, penggunaan tripod sangat dianjurkan agar sudut pengambilan gambar stabil pada tempatnya.



Satu demi satu video itu selesai dibuat. Beberapa masih sibuk dengan menerjemahkan ide stop motion di kepala. Hari itu, Tobucil sedikit melemburkan diri. Tekun dan khusyu menyusun gambar diam yang mencoba bercerita.(NugrahaSugiarta)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails