23.8.13

Halaman Baru Myspringtime

Myspringtime adalah sebuah kelahiran, sebuah siklus baru yang dijalani oleh seorang perempuan bernama Arum Andarjati. Berbekal kemampuan dan melihat ibu tercinta yang begitu aktif berkarya, Arum mulai menekuni dunia handmade. Cita-citanya sederhana, menjalankan hobi sambil berkeinginan memberi inspirasi bagi kaum perempuan lainnya. Memperlihatkan bahwa selain kepuasan materi, handmade adalah tentang hasrat yang harus dijalani dengan penuh sukacita.

Ada apa, nih, dengan musim semi. Kok, dinamain “spring”, hehe…
Banyak orang yang terinspirasi dengan spring, musim semi, termasuk saya. Musim semi bagi saya adalah awal musim yang menandai siklus baru dalam kehidupan. Pernah saya googling tentang 'spring', lalu saya nemuin satu quote yang menarik, “Spring is the season of rebirth, renewal, and regrowth”. Untuk saya pribadi, quote itu mengena sekali. Myspringtime menandai halaman baru dalam kehidupan saya dan menjadi wadah bagi saya untuk mengembangkan diri setelah lepas dari dunia kerja yang sudah saya jajaki sejak semester akhir kuliah. Myspringtime is my playground untuk berkarya, mempelajari ide-ide baru, dan membentuknya menjadi sebuah karya.



Aksesoris seperti apa, sih, yang dibuat oleh Myspringtime?
Aksesorisnya ada kalung, cincin, bros, jepit rambut, beragam model neckwarmer  seperti syal, scarf, cowl, dan lain sebagainya, serta home accessories seperti taplak meja, coasters, dan lain-lain. Kebanyakan karya yang saya buat menggunakan tehnik merajut. Ada juga karya-karya yang terbuat dari felt, beads, satin cords, pita, rend,a dan lain-lain. Juga ada produk tas dan pouch.



Oh, ya. Semenjak kapan Mbak Arum mulai terjun ke dunia handmade?
Idenya muncul sekitar tahun 2012 ketika saya memutuskan untuk berhenti kerja dan menjadi ibu rumah tangga.  Awalnya melihat karya ibu saya yang laku terjual di Tobucil. Terus terang, beliau senang sekali karyanya terjual. Ada sense of self-achievement yang membuat beliau bangga akan dirinya sendiri dan itu membuat beliau bahagia. Dari situ saya melihat bahwa sebagai ibu rumah tangga beliau masih bisa berkarya, kenapa saya tidak? Ditambah karena waktu SD dan SMP saya belajar merajut dan menjahit. Keterampilan tersebut saya gunakan kembali untuk berkarya.


Apa yang menjadi ciri utama yang dimiliki oleh karya-karya dari Myspringtime dan berbeda dengan produk-produk aksesoris sejenis?
Ciri utamanya adalah kebanyakan hasil karya saya adalah hasil karya rajutan. Semuanya dilakukan sendiri, totally handmade. Dan tiap modelnya pasti berbeda satu dengan yang lain. Walaupun saya membuat model yang sama, tapi pasti ada perbedaan dari segi warna, bahan, atau pola yang digunakan. Karakteristik yang lain adalah saya banyak terinspirasi dengan bentuk bunga serta warna-warna cerah. Sesuai tema, 'spring time', hihihi…

Kendala apa, nih yang kerap mampir ke Mbak Arum selama ber-eksis ria dengan dunia handmade?
Waktu adalah kendala utama. Saya baru bisa berkarya setelah menidurkan anak-anak. Kalau hanya sebatas berkarya tanpa ada tenggat waktu, saya enggak terlalu masalah. Namun,jika ada pesanan, saya selalu menjadwalkan untuk selesai dalam dua kali waktu normal saya menyelesaikan proyek tersebut. Misalkan, normalnya saya membuat tas dalam waktu dua minggu, untuk pesanan saya akan jadwalkan sebulan.


Hal apa yang menginspirasi Mbak Arum dalam berkarya sehingga terus dapat berinovasi dan bersemangat dalam berkarya?
Inspirasinya adalah ini saya lakukan dengan senang hati dan bagi saya ini adalah hobi. Saya senang merajut, saya senang membuat karya baru. Itu semua akhirnya membuat saya ingin terus berkarya dan mencoba kreasi-kreasi baru. Enggak jarang hasil karya saya justru saya berikan kepada orang karena orang tersebut  senang melihat dan tertarik dengan karya saya, hahaha... Merasa rugi? Engga juga, karena saya senang. Dan untuk sekarang, saya belum menganggap ini bisnis yang harus saya kembangkan menjadi bisnis besar. Begini pun sudah cukup. Untuk ke depannya, lihat nanti saja. Mungkin kalau anak-anak sudah besar dan saya memiliki sumber daya yang cukup, saya bisa punya waktu lebih banyak untuk mengembangkan Myspringtime, Aamiiiin...




Apa yang menjadi impian terbesar Mbak Arum dengan Myspringtime-nya?
Impian terbesar saya tentunya bisa membuat Myspringtime dikenal dan diminati  oleh banyak orang. Kreasi-kreasi saya di Myspringtime are my self-achievements dan saya senang serta bangga akan itu. Semoga saya juga bisa membagi pengalaman ini, menjadikannya inspirasi bagi para ibu-ibu rumah tangga lainnya bahwa kita masih bisa berkarya dan menghasilkan sesuatu yang tidak hanya mengejar kepuasan materi, tapi juga batin.
www.myspringtime.webs.com
Twitter : @Andarjati78


(Nugraha Sugiarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails