12.7.13

Waspada Psikosomatik



Usia Dewi Hapsari belumlah genap 40 tahun, namun akhir-akhir ini ia sering menderita sakit kepala hebat, belum lagi lambungnya kerap ikut-ikutan terasa kembung, perih tak karuan. Adakalanya sakit itu datang ketika ia memikirkan nasib usahanya yang tengah berada di ujung tanduk. Sakit yang dideritanya tentu saja membuat kerjanya pun jadi terhambat. Namun, perempuan paruh baya ini sendiri bingung karena dokter yang ia datangi justru mengatakan bahwa tubuhnya dalam kondisi sehat walafiat. Lain Dewi lain pula halnya dengan Wahyu. Ia akan menjalani wawancara pekerjaan baru di salah satu perusahaan multi nasional. Sebelum menjalani interview, Wahyu merasakan perutnya melilit dan tubuhnya berkeringat dingin. Akibatnya, ia merasa tidak tenang selama diwawancara.

Pernah mengalami hal seperti yang dialami oleh Dewi dan Wahyu? Mengapa hal seperti itu terjadi? Hal itu sebenarnya terjadi karena tanpa sadar, otak kita terbebani dengan pikiran mengenai kegiatan yang akan kita lakukan itu. Misalnya kita takut akan mengalami rintangan atau menghadapi masalah, sehingga menimbulkan stress dan alam bawah sadar tidak bisa menerima tekanan itu, sehingga terjadilah hal seperti di atas.

Pusing, keringat dingin, tangan basah, sakit perut dan melilit akibat pikiran, merupakan gejala dari psikosomatik. Gejala penyakit ini banyak terjadi pada wanita dan pria mulai dari usia remaja sampai dewasa, bahkan lanjut usia. Di wilayah perkotaan atau kota-kota besar, kasus gangguan psikosomatik cukup tinggi. Psikosomatik sendiri adalah gangguan fisik yang disebabkan oleh faktor-faktor kejiwaan dan sosial. Jika emosi menumpuk dan memuncak, hal itu dapat menyebabkan terjadinya goncangan dan kekacauan dalam dirinya. Apabila faktor-faktor yang menyebabkan memuncaknya emosi itu secara berkepanjangan tidak dapat dijauhkan, maka ia dipaksa untuk selalu berjuang menekan perasaannya. Perasaaan tertekan, cemas, kesepian, dan kebosanan yang berkepanjangan dapat memengaruhi kesehatan fisiknya. Jadi psikosomatik dapat disebut sebagai penyakit gabungan, fisik dan mental.

Ciri dan Pencegahan Psikosomatik
Apa ciri yang diperlihatkan seseorang ketika dicurigai mengalami psikosomatik? Para penderita psikosomatik, umumnya mengeluhkan gangguan yang berkaitan dengan sistem organ, seperti keluhan jantung berdebar-debar, cepat lelah, ulu hati nyeri, mencret kronis sesak napas, asma, gatal, eksim, encok, pegal, kejang, gangguan gairah seks, pusing, sering lupa, sukar konsentrasi, atau kejang epilepsi. Selain itu, ia biasanya disertai masalah kejiwaan yang seperti gejala anxietas (cemas berlebihan) dan gejala depresi.

Menilik dari tulisan di atas, dapat dipahami bahwa sebenarnya psikosomatik adalah penyakit yang muncul karena adanya masalah keseimbangan mental yang hilang. Penyembuhan seseorang akibat gangguan psikosomatik ini biasanya tidak hanya berupa obat-obatan yang disesuaikan dengan gejala yang timbul tapi juga dengan menganjurkan pola hidup yang baik.

Membawa diri agar tidak mudah stress atau depresi pada akhirnya adalah kunci penting agar psikosomatik tidak hinggap. Oleh karenanya, kita harus mampu meningkatkan keterampilan untuk mengelola dan mengadaptasi stres yang timbul dengan cara berusaha menyesuaikan pola pikir yang realistis dan konstruktif. Hal ini dapat dilakukan dengan banyak cara, misalnya saja melakukan olahraga, relaksasi, makan dengan benar, tidur yang cukup, atau minum obat yang teratur jika ada yang terkena gejala psikosomatis, dan jangan pula lupa untuk selalu rutin melakukan konsultasi kesehatan. Satu hal, ibadah ternyata berperan besar agar kita tidak mengalami psikosomatik. Oleh karenanya, dalam menghadapi kesulitan hidup apapun, ingatlah selalu Sang Pencipta dan hindari menyalahkan diri sendiri terus-menerus agar psikosomatik enggan mampir dalam kehidupan kita.
(Nugraha Sugiarta)

1 komentar:

  1. Artikle yang sangat keren, semoga sukses selalu

    Ingin Liburan Ke karimun jawa dengan aman dan nyaman di karimunjawa ? Ingin Paket Wisata Karimunjawa dan gak murahan? Hubungi Kami "Raja Karimunjawa" biro lokal asli Karimun jawa . Untuk Book Paket Karimunjawa dan Tour Karimunjawa , silahkan hubungi kami karena kami biro karimunjawa dan trevel karimunjawa terpercaya. Paket wisata karimunjawa Murah tapi mewah, murah tapi gak murahan. Kepuasan Wisata Karimunjawa anda di pulau Karimunjawa adalah kebahagia'an dan tujuan kami. Terimakasih telah mempercayakan paket wisata karimunjawa bersama kami Agen Wisata Karimunjawa dan mebel jati jepara. silahkan Untuk booking paket lebaran karimunjawa dan paket tahun baru karimunjawa

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails