19.7.13

Kundi Craft, Dari Limbah menjadi Indah



Dari benda-benda tidak terduga, lahirlah benda-benda yang juga tidak terduga sama sekali pula. Yap, Sugeng dan Riri adalah pengumpul limbah elektronik yang kemudian menyulapnya menjadi beragam karya handmade. Sesuatu yang tidak biasa tentu seringkali berubah menjadi luar biasa ketika berada di tangan yang tepat. Nah, Kundi Craft adalah salah satu tangan yang tepat tersebut.



Siapa aja, nih, manusia dibalik Kundi Craft? Gimana kisah awal sampai kalian bisa berkolaborasi…

Manusia dibalik kundi itu, ada sugeng riyadi dan riri oktriani. Kisah awalnya adalah, setahun  kita berdua pacaran terus kepikiran untuk bikin usaha bareng…



Karya-karya Kundi Craft, kan, lebih ke karya daur ulang. Sebenarnya, apa aja yang dibuat oleh Kundi Craft?

Ada kalung, gantungan kunci, lampu dekor, bingkai foto dari monitor, akuarium (aquscape) dari monitor, dan anting.



Gimana proses berkarya Kundi Craft sendiri sampai bisa bikin barang-barang yang dianggap sudah enggak ada gunanya jadi karya-karya nan maknyus?

Pertama pengenalan bahan limbah elektroniknya, lalu diklasifikasikan, terus baru dibikin disainnya, terus pengerjaan deh.



Kalau Kundi Craft sendiri dapat inspirasi dalam berkarya darimana, sih?

Inspirasinya gara-gara gak ada tong sampah khusus limbah elektronik..



Apa, nih, hal paling berkesan yang dimiliki oleh Kundi Craft selama berkegiatan handmade?

Sering ada desain-desain yang enggak terduga setelah jadinya. Kadang juga galau kalau lagi ngulik desain dan pengerjaan.



Nah, kalau serunya berhandmade ria sendiri menurut Kundi Craft?

Karena kita jarang sekali ada desain yang sama, hampir enggak ada yang sama. Jadi inovasi desain terus enggak berhenti.



Apa target terbesar yang ingin diraih Kundi Craft di tahun ini?

Punya rumah produksi sendiri dan pengen punya galeri sendiri.


(Nugraha Sugiarta) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails