5.7.13

I Hope Craft dan Filosofi Keren tapi Ragu



Ragu terhadap karya sendiri tidaklah selalu menjadi hal buruk. Bagi Ika, meragukan tingkat kekerenan karyanya adalah penyemangat yang selalu memberikan motivasi untuk tak berhenti menghasilkan karya-karya handmade nan memukau. Lahir dari hobi, I Hope Craft adalah semangat tak pernah padam yang dimiliki oleh seorang crafter pecinta gambar-menggambar dan jahit-menjahit.

Apa aja, nih, karya-karya yang dibuat Mbak Ika dengan I Hope Craft-nya?
Untuk yang sudah jalan saat ini, aku membuat berbagai printilan seperti tas, pouch, bantal dengan ilustrasi atau gambaranku. Tapi yang paling jadi ciri khas i-hope justru costum ilustrasi di berbagai media kayu seperti sendok, papan, dan  piring yang awalnya justru tidak diperdagangkan, hehehe.


Oh, ya. Tampak hobi jahit-menjahit dan gambar menggambar, hehe… Apa yang membuat Mbak Ika kemudian terpikir untuk menjadikan hobinya sebagai usaha yang menghasilkan?
Sebenarnya, sih, karena sudah punya cita-cita bisa kerja berdasar hobi dari rumah dan aku juga dulu sekolahnya gambar-menggambar dan jahit-menjahit.


I Hope Craft sendiri sebenarnya sudah ada sejak kapan, nih? Gimana awal mulanya?
Belum begitu lama, sekitar Juni 2011. Mulanya karena aku sedikit jenuh dengan rutinitas 8-5 dulu yang juga menuntutku mengikuti style tempat kerja. Akhirnya dengan sedikit kenekatan aku melahirkan i-hope untuk pelampiasan hehehe, yang juga sudah jadi cita-cita bisa punya usaha sendiri, walaupun kecil.

Hal apa yang menjadi penyemangat Mbak Ika dalam berkarya sehingga menghasilkan karya-karya yang keren-keren seperti saat ini?
Selalu meragukan apakah karyaku keren? Hehe

Mbak Ika sendiri melihat pergerakan crafter di Indonesia sekarang seperti apa, nih?
Aku melihat ada beberapa kelompok dan komunitas crafter  yang  memunculkan craft alternatif . Mereka menyebarkan semangat ber-crafty ria yang tidak hanya  membuat lalu menjualnya tapi melakukannya berdasar passion karena kebanyakan memulainya dengan mengerjakan sendiri dan dari berbagi ilmu craft.

Balik lagi ke I Hope Craft, nih… Gimana cara MbakIka mempromosikan I Hope Craft biar tetap eksisss di kalangan pecinta handmade, hehehe…
Nah, itu dia. Ini kekuranganku, i-hope sendiri berbasis online, tapi aku jarang melakukan promosi dan tidak selalu online, hehe Masih perlu banyak berbenah tentang itu.  Ikut bazaar yang fokus pada craft , seperti crafty days tobucil tahun ini sebenarnya ikut, tapi sayangnya ada ada jadwal yang mendadak barengan jadi gagal, deh.


Terakhir… cita-cita I Hope Craft di masa depan?
Emmm Aku bisa selalu konsisten menghidupi i-hope disaat aku atau orang lain merasa i-hope tidak bisa menghidupi saya. Kemudian  ingin lebih serius dalam membangun brand i-hope, menghasilkan karya yang semoga selalu lebih baik.

Instagram : @ikadamai  
                 @ihopecraft

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails