14.6.13

Sehat dan Segar Berendam Air Hangat



Sepanjang perjalanan, kepala Litsye Sinegar hanya berpikir untuk segera sampai di rumah. “Buka pintu, duduk sebentar meluruskan kaki, dan berendam air hangat!” Aktivitas relaksasi pribadi tersebut memang sudah sejak lama dijalani oleh perempuan hitam manis ini. Tentu tak hanya Litsye semata yang menyukai berendam di air hangat untuk menutup aktivitas melelahkan yang telah dilakukan sepanjang hari. Memang, Berendam selama 30 menit di dalam air hangat, dengan campuran garam, lumpur mandi, jahe, atau aroma terapi akan memberikan relaksasi yang sangat luar biasa. Efeknya tentu langsung terasa pada tubuh yang kembali segar. Dengan bahan-bahan tambahan, Anda akan mendapatkan keuntungan ganda pada kecantikan kulit. Tak hanya itu, menurut penelitian terbaru mandi ternyata tidak hanya baik untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan menjauhkan stress. Ia ternyata memiliki pula peranan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan, mengurangi ketegangan yang terjadi pada otot, membantu kulit terhindar dari penyakit seperti eksema, bahkan menyembuhkan masalah medis serius.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan penderita diabetes yang menghabiskan hanya setengah jam berendam dalam bak air hangat dapat menurunkan tingkat gula darah sekitar 13 persen. Penelitian terpisah di Jepang menunjukkan 10 menit berendam dalam air hangat dapat memperbaiki kesehatan jantung baik pria maupun wanita, membantu mereka menjalani tes olahraga lebih baik, dan mengurangi rasa sakit. Di samping itu, air hangat pun ternyata penetralisir racun yang efektif. Mandi air hangat sekitar 32-35 derajat Celsius membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan toksin. Mandi air hangat juga dapat membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Waktu yang dianjurkan berendam di air hangat untuk kepentingan ini adalah selama 10-20 menit.

Penderita penyakit kulit pun sangat disarankan untuk mandi dengan menggunakan air hangat. Penyakit kulit tertentu seperti eksema, ruam, atau gatal-gatal dapat teratasi dengan menambahkan baking soda (sodium bicarbonate) ke dalam bak mandi. Hal ini ternyata dapat membuat perbedaan besar. Sodium bicarbonate bertindak sebagai antiseptik. Isi air dengan air hangat kuku, tambahkan kira-kira satu pound baking soda dan aduk sampai rata. Cukup dilakukan rutin selama 10-20 menit, maka penyakit kulit pun akan mereda.

Pernah terserang flu dan sakit kepala secara bersamaan? Ugh, pasti hal tersebut sangat menyebalkan. Air hangat ternyata dapat meredakan serangan flu dan sakit kepala. Mau tahu caranya? Merendam kaki dalam air hangat dapat membantu menyembuhkan flu dan sakit kepala dan juga menyegarkan kembali kaki yang lelah. Masukan air hangat secukupnya dalam bak sampai menutupi kaki dan pergelangan kaki, jangan lupa, tambahkan beberapa tetes minyak seperti lavender, peppermint, atau lemon. Setelah selesai, basuh kaki dengan air dingin. Lakukan kegiatan ini selama 10-20 menit, dijamin flu dan sakit kepala akan berkurang. Merendam kaki pada air hangat bersuhu sekitar 37 derajar celcius yang dicampur dengan sedikit garam juga dipercaya dapat menghilangkan pegal-pegal pada sendi kaki.

Air hangat juga sangat berguna bagi yang memiliki masalah dengan peredaran atau sirkulasi darah. Untuk yang satu ini, kita memerlukan bantuan air dingin. Cobalah rendam kaki secara bergantian di air hangat dan air dingin. Mulai dengan merendam kaki selama satu atau dua menit dalam air hangat, kemudian 30 menit dalam air dingin. Lakukan aktivitas ini selama 15 menit kemudian diselesaikan dengan air dingin agar sirkulasi menjadi lancar. Jadi, tunggu apa lagi? Ingin segera merasakan bagaimana nikmatnya memanjakan tubuh? Siapkan air hangat sekarang dan segera rasakan sensasi menyegarkan yang diberikan oleh air hangat. Yuk, mandi, yuk!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails