7.6.13

Potong Kuku si Dia dengan Hati-Hati



Anjing adalah peliharaan yang sangat menyenangkan untuk diajak bermain, namun adakalanya, kaki-kaki mungil milik mereka membuat pemiliknya terluka terkena kuku-kukunya yang tajam. Tentu saja tak satupun pemilik hewan peliharaan menginginkan hal ini. Oleh karenanya, perawatan kuku pun menjadi syarat mutlak yang tak bisa disepelekan.

Memotong kuku anjing merupakan hal yang sangat menyenangkan jika dia dapat berbaring atau duduk dengan manis tapi sebagian besar anjing atau kucing sangat tidak menyukai kukunya dipotong terutama  yang pernah mengalami kesakitan atau pendarahan pada saat kukunya dipotong. Ada anjing yang hanya menarik kakinya atau berontak pada saat kukunya ingin dipotong tapi ada juga anjing yang akan menggigit begitu kukunya akan dipotong.

Ada baiknya kita melatih anjing sedini mungkin agar ia tidak sulit untuk dipotong kukunya. Kuku anjing mulai dipotong sejak usianya mencapai satu minggu, pemotongan kuku pada usia satu minggu untuk menghindarkan bayi anjing melukai area sekitar puting susu induk pada saat bayi anjing sedang menyusui. Biasakan memegang kuku anak anjing setiap hari, jika perlu sambil berpura-pura sedang memotong kuku dengan gunting kuku. Hal ini agar anjing terbiasa. Agar ia tak rewel, berikan pujian atau makanan ringan kesukaannya setelah selesai acara pemotongan kuku.

Agar anjing tak mengalami cidera, kita harus mengetahui bagian mana dari kuku yang harus digunting. Pendarahan terjadi jika pembuluh darah di kuku ikut terpotong. Sisakan kuku sekitar 2 milimeter setelah pembuluh darah. Pembuluh darah akan ikut bertambah panjang sejalan dengan pertumbuhan kuku. Jika kuku anjing terlalu panjang maka pemotongan kuku tidak bisa sekaligus karena pembuluh darah di kuku pasti akan terpotong dan mengakibatkan pendarahan. Jika pembuluh darah bisa mengikuti panjangnya kuku berarti pembuluh darah juga bisa ikut mundur seiring dengan terpotongnya kuku. Untuk kuku yang sudah terlalu panjang sebaiknya dipotong secara bertahap setiap hari.

Bagaimana jika terjadi kesalahan sehingga menyebabkan terjadinya pendarahan? Jangan khawatir, karena pembuluh darah tersebut cepat menutup. Tanpa diberi obat pun, pendarahan akan berhenti dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih 5 menit. Di pasaran sudah banyak pula dijual obat penghenti pendarahan, ada yang berupa serbuk dan ada juga yang berupa kertas kapas dengan cairan obat penghenti pendarahan. Jika tidak sempat membeli, abu rokok atau bubuk kopi dapat dijadikan alternatif dengan cara ditempelkan pada kuku yang berdarah sambil ditekan dengan jari selama lima menit sehingga pendarahan pada kuku mudah dihentikan walaupun tanpa bantuan obat-obatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails