28.6.13

Moloka, from Milk with Love



Selama ini, jika mendengar kata susu mungkin kita akan langsung ingat minuman lezat nan bergizi berwarna putih. Namun, Moloka adalah kreativitas yang lahir dari susu kambing dan bukan sekadar berbicara tentang minuman. Melalui inovasi dan ide yang mumpuni, lahirlah karya-karya berbahan baku susu yang mungkin karang kita temui. Apa, sih, yang dibuat oleh Moloka? Mari kita simak!

Moloka tampak mengolah susu, nih. Apa saja gerangan karya-karya yang dihasilkan oleh Moloka?
Sampai saat ini produk Moloka berupa goat milk kemasan botol 250ml, goat milk   yogurt dengan dua varian, strawberry dan blueberry, goat cheese (plain, spicy, dan black pepper), dan goat milk soap  dengan 7 varian. Ada juga yg non-dairy product, beer soap dan patchouli sachet (kamper dari daun patchouli).
 
Gimana kisah awalnya sampai bisa menjadikan susu sebagai bahan utama dalam berkarya?
Awalnya itu karena orang tua saya punya kebun dan peternakan kambing di daerah Parung Bogor dan memang memproduksi susu kambing. Selain itu juga ada beberapa tanaman seperti patchouli atau daun nilam yang dibudidayakan. Jadi tujuannya untuk mengembangkan semua hasil-hasil dari kebun dan peternakan itu sendiri.


Kenapa susu? Apa yang ingin disampaikan oleh Moloka melalui karyanya?
Tujuannya memang mau mengembangkan produksi susu ke arah retail, jadi mulailah searching kemana-mana apa saja yang bisa diolah dari susu kambing ini. Selain itu, saya dan kakak saya saya yg bernama Yuliana memang penggemar dairy product jadi kita memang punya passion dalam mengolah bahan-bahan dari susu sekaligus menikmatinya juga. Jadi mengerjakan apa yang selama ini menjadi kesukaan kami ke sesuatu yang bersifat kreatif.

Berkaitan dengan inovasi, nih. Gimana, nih, cara Moloka agar inovasinya terus berkembang dan enggak mandek?
Browsing, jalan-jalan sambil wisata culiner sampe cuci mata doang, baca sana sini dan nggak bosen-bosen bereksperimen. 

Nah, selain kambing, mengolah susu yang lainkah? Terus, kenapa harus “kambing”? Apa yang menarik dari kambing ini sebenarnya?
Untuk kedepannya ada niat merambah ke susu sapi bahkan sampai ke “non-dairy milk” seperti soya dan almond, tapi mungkin belum dalam waktu dekat. Kalau kenapa kambing mungkin karena ada peternakan di Parung, jadi kita berusaha untuk mengembangkan hasil susunya ke produk-produk yang lebih innovatif. Banyak sekali manfaat susu kambing yang belum banyak disosialisasikan di masyarakat. Susu kambing itu sangat baik untuk sistem pernafasan, untuk penderita lactose intolerant (tidak bisa mencerna susu sapi), dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit seperti sabun-sabun yang mengandung deterjen. Juga susu kambing tidak sama seperti daging kambingnya, low fat dan low cholesterol.

Apa, nih, hal yang menginspirasi Moloka sehingga tidak pernah berhenti berkarya?
Dream Big! dan semua dicoba aja dulu, penyempurnaan akan datang seiring dengan kita berkarya. 


Biggest dream Moloka di masa depan?
Bisa punya outlet sendiri dan produknya mudah didapatkan dimana-mana. Juga dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi “dairy product” yang berkualitas tinggi.

twitter: @MolokaFarm
Email: molokagoatmilk@gmail.com

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails