21.6.13

Dunia Monster Peppercorns



Monster memang banyak memberi ide-ide segar bagi para pecinta dunia kreatif. Pun tak ketinggalan yang satu ini. Dua kawan nan akrab yang memutuskan untuk menjadikan monster sebagai tema utama pada setiap karya-karya yang dibuatnya. Peppercorns adalah kisah dari dunia monster yang dengan gemilang menciptakan kreasi unik layak adopsi, hehe…





Hello Peppercorns…. Karya-karya “bermonster” seperti apa aja, nih, yang dibuat oleh kalian?
Karya monster Peppercorns berupa produk-produk untuk aksesoris gadget dan yang terbaru ada juga plush monster. Sampai saat ini ada delapan kategori yaitu backpack, lptop case, tablet case, utility case, External harddisk/Pocket camera case, smartphone case, pouch, dan plush.

 
Oh, ya. Biar eksis hehehe… siapa aja manusia dibalik Peppercorns? Gimana ceritanya bisa tercipta kolaborasi super asyik ini?
Penggagas Peppercorns yaitu sepasang teman dekat sekali, Syifa Rahmasari dan Sigit Ramadhan.  Kita mulai Peppercorns bulan Oktober 2010 waktu masih kuliah. Awalnya dari kebutuhan pribadi akan case untuk laptop dan keinginan untuk membuat desain case yang lain dari yang beredar di pasar pada umumnya. Keinginan itu berlanjut menjadi ide bisnis yang kemudian direalisasikan dengan proses learning by doing. Minat Sigit di dunia desain dan Syifa yang punya hobi membuat kerajinan tangan dari bahan kain digabung jadi Peppercorns ini.




Kenapa harus monster? Apa yang menarik dari monster itu sendiri sampai kalian mengkonsep karya kalian dengan trademark monster-monster gokil seperti ini?
Ide monster muncul dari ketertarikan kami terhadap urban art dan karakter-karakter monster yang konyol. Desain awalnya dari coretan-coretan kami di notebook, inspirasi dari film, internet, dan lain-lain. Monster yang imagenya menakutkan kami ubah jadi karakter yang ekspresif, konyol dan lucu. Ekspresi monster yang beragam dipadukan dengan warna-warna yang shocking supaya semakin eye-catching desainnya.

Oh, ya. Inovasi seperti apa, sih, yang akan kalian kembangkan di masa depan biar tetap terlihat fresh dan bikin konsumen enggak berpaling?
Inovasi yang sudah mulai, dan akan terus dilakukan yaitu kami menambah desain karakter monsternya, lengkap dengan cerita dibalik karakternya masing-masing. Cerita-cerita itu kami munculkan pada saat promosi produk. Misalnya melalui komik, poster, dan story telling di jejaring sosial Twitter. Selain itu, kami juga akan menambah variasi produknya, terutama menyesuaikan dengan perkembangan gadget yang baru.


Menurut kalian, apa yang seharusnya dijaga oleh para crafter agar intensitas berkarya terus ada dan enggak pernah redup?
Tetap gali kreatifitas supaya karya-karya kita punya kekhasan dan berkarakter. Kedua, selalu bangga akan ciri khas karya sendiri. Karena ketika karya kita diapresiasi oleh orang lain, hal itu akan jadi semangat untuk kita terus berkarya.

Apa kendala yang paling sering dihadapi oleh kalian selama bergelut di dunia handmade dan apa solusi paling manjur yang kalian lakukan untuk mengatasinya?
Karena teknik handmade membutuhkan waktu yang tidak sedikit, seringkali kami belum bisa memenuhi keinginan pembeli karena monster yang diinginkan habis atau belum selesai dibuat. Solusinya, memberdayakan ibu rumah tangga di sekitar rumah untuk membantu produksi. Tetapi karena monster yang kami buat bukan produksi masal, jadi kami tidak memaksakan untuk memenuhi semua permintaan calon pembeli





Pesan terakhir untuk para penggemar monster? Hehehe…
Tetap kreatif, semangat, dan selalu ingin tampil beda!


2 komentar:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails