24.5.13

Coba-Coba Ala Chomalasari Craft

Susah mencari kerja bukan berarti dunia kiamat. Peluang lain memang selalu terbuka. Berbekal coba-coba dengan menggunakan kain sisa, konon sekarang karya crafter yang satu ini telah melanglang buana ke se-antero Indonesia. Berjalan-jalan menemui para peminatnya dengan riang gembira.

sejak kapan nih kamu aktif bercraft ria? Gimana ceritanya?
Aku mulai nge-Craft ngga lama dari pas lulus sekolah sekitar akhir tahun 2010 karena aku ngelamar kerja kesana,kemari belum ada panggilan juga yah akhirnya aku nyoba-nyoba bikin sesuatu. Bikin bando gitu dari bahan sisa yang aku dapat gratis dari tukang jahit. Baru jalan 4 bulan aku ada panggilan kerja. Dari awal aku niat kerja Cuma enam bulan aja sampai aku kebeli laptop, hahaha… Setelah berhenti kerja, aku nerusin usaha kerajinan aku ini sampai sekarang.

Apa aja, sih, karya-karya yang dibuat oleh Chomalasari Craft?
Pertamanya aku bikin aksesoris buat cewek kayak bando, jepit rambut, bross, dompet dan lain sebagainya. Bahan utama yang aku pakai yaitu kain Flanel.


Oh, ya. Apa, sih, yang membuat kegiatan craft itu menarik menurutmu?
Nge-craft itu bebas untuk nuangin ide-ide dan punya rasa bangga tersendiri kalau dari hasil craft kita banyak yang suka.


Bicara tentang craft pasti bicara tentang dunia UKM. Menurut kamu, apa yang kerap menjadi kendala para crafter dalam meluaskan usahanya? Gimana cara mengatasinya?
Apa yah, hehe... Aku cuma fokus jualan di online aja. Kalau di wilayah aku sendiri mereka kurang minat atau kurang tertarik dengan karya aku. Tapi aku enggak ambil pusing, soalnya masih banyak para peminat hasil karyaku di luar sana.


Kalau Chomalasari Craft sendiri apa, nih, branding yang ditawarkan ke para konsumennya sehingga karya-karyanya selalu bisa bikin penasaran para pecinta craft?
Banyak yang bilang, sih, karya aku punya ciri khas tersendiri, hehe... Misalnya main tubruk warna tapi bisa kelihatan cantik katanya.


Nah, ngomonging branding, pasti ngomongin inovasi juga. Menurut kamu, gimana cara paling mudah untuk enggak kehabisan ide dalam berkarya?
Aku ngambil inovasi dari apa yang aku lihat. Misal aku lihat buku binder terus aku berpikir nyoba bikin sampulnya buat diri sendiri dulu, terus aku pajang di fb. Dari sana pada banyak yang suka dan order, deh.

Apa sih yang menjadi target utama kamu berkaitan dengan Chomalasari Craft?
Aku ingin lebih meluaskan pemasaranku sampai keluar negeri Kalau saat ini para costumerku berasal dari Pulau Jawa, Kalimantan, NTB, Sumatra, Papua. Mungkin kerajinanku pemasarannya sudah mecakup hampir kesemua pulau yang ada di indonesia. Ada beberapa permintaan dari negara tetangga, tapi belum terlayani. Aku punya cita-cita untuk buka mempunyai sebuah tempat yang bisa menampung semua karyaku dan semuanya harus serba pink, interior maupun eksteriornya. Doain yaaaaaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails