5.4.13

Mengintip Semangat Citrayu Craft



Dari sejuknya udara kota Malang, Tobucilhanmade kali ini menjumpai Citrayu Craft yang senang sekali berkreasi dengan beragam kain. Bermula dari sekadar iseng, perempuan yang satu ini lalu pede untuk nyemplung ke dunia handmade setelah mengetahui bahwa karya-karyanya ternyata banyak digemari.  Lalu, apa hubungannya antara karya handmade dan anak kesayangan? Nah, cekidot aja langsung…

Apa aja, nih, sebenarnya yang dibuat oleh Citra?
Sebenarnya sih klo bicara idealis, aku hanya pingin buat produk-produk handmade yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti tas, bantal,  dan bross... Tapi seiring dengan banyaknya permintaan, aku mulai berkreasi membuat toples, boneka, bandana, magnet, celemek, sampai set baby pernah aku kerjakan. Jadi macem-macem deh yang aku buat.


Karya Citra, kan, banyak menggunakan aplikasi pada kain. Apa sih, yang menarik dari kain itu sendiri?
Menurutku kain itu memiliki corak dan motif yang beragam.jadi untuk padu padannya banyak variasinya sehingga menghasilkan karya yang berbeda.


Gimana, nih, ceritanya sampai Citra bisa "nyebur" ke dunia handmade?
Dari kecil sih aku memang suka bikin prakarya. Setiap ada tutorial di majalah aku selalu coba bikin terus iseng-iseng dijualin ke teman-teman. Tapi semenjak mulai kerja dan punya penghasilan sendiri, aku mulai suka beli bahan-bahan untuk di jahit..dan berkarya sepulang kerja. Sering lihat hasil-hasil karya di google kok lucu-lucu. Akhirnya aku mulai coba-coba di waktu luang. Ternyata teman-teman banyak yang suka. Dari sana aku mulai pede bikin site di multiply dan pajang-pajangin hasil karyaku. Besoknya banyak yang mau beli boneka dan magnet. Di situ baru sadar ternyata karyaku disukai dan bisa dijadikan pendapatan.

Sok-sok serius, nih, hehe... Menurut Citra, apa gerangan sisi filosofis yang bisa dipetik dari berkegiatan handmade?
Waah ini pertanyaan berat banget nih hehe…kalau menurutku handmade itu melatih mental kita untuk bersabar..dan merangsang otak kita untuk selalu menciptakan ide baru dan tentunya untuk yang mencintai pekerjaan ini akan membuat hati kita lebih tenang dan nyaman. Apalagi setelah melihat hasil kita digunakan oleh orang lain, bahagianya sangat berbeda…


Balik lagi ke karya-karyanya. Inovasi seperti apa,sih, yang terdapat di dalam karya Citra sehingga membuat karya handmade buatanmu punya ciri tersendiri dibandingkan karya-karya lain yang sejenis?
aku akan terus belajar..terus melakukan perbaikan..sehingga mampu menghasilkan karya yang berbeda..Yang coba aku tuangkan di dalam karyaku ini ketelitian, kerapihan, dan juga memadupadankan warna-warna yang bisa lebih menonjolkan hasil karyaku dibandingkan dengan karya yang lain.

Apa hal terbesar yang membuat Citra terus semangat berkarya?
Hal terbesar yang terus membuat aku semangat berkarya adalah kehadiran putri pertamaku yang cantik. Dialah sumber inspirasiku, mimpiku, sekaligus penyemangat aku dalam berkarya. Di saat kesibukan di kantor menyita waktu dan terkadang bisa membuat stress, tetapi setelah kembali ke rumah dan melihat putri kecilku yang lucu semangatku kembali ter-charge dan disitulah ide-ide muncul. Selain itu, mimpi-mimpiku untuk mengembangkan handmade menjadi semangatku juga.
  
Apa, nih, biggest and wildest dreams yang dimiliki Citra di masa depan?
Keinginanku yang belum sempat terwujud aku pingin punya galeri yang tempatnya luas.  Di sana aku bisa memberikan pengetahuan keterampilan untuk anak-anak kurang mampu atau anak jalanan agar mereka bisa lebih mandiri dalam pekerjaan. Merangkul para crafter untuk mendirikan lembaga handmade yang dapat membantu perekonomian khusus untuk orang-orang yang kurang mampu. 
email : toko_citrayu@yahoo.co.id
CP/whatsApp : 08383525367

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails