26.4.13

Menata Ruang Kerja di Rumah

Pernah mendengar istilah SOHO alias Small Office Home Office? Pengertian bekerja di era modern memang tak melulu berkutat di kantor. Hal ini sendiri berjalan seiring dengan semakin majunya perkembangan teknologi dan informasi yang memungkinkan segala sesuatunya bisa diperoleh sekaligus disampaikan melalui berbagai gadget seperti telepon selular maupun jaringan internet. Di samping itu, adakalanya pula, pekerjaan yang terlalu menumpuk membuat semuanya tak terselesaikan di kantor sehingga rumah pun menjadi pilihan tempat untuk membereskan semua tenggat yang tertinggal.

Salah satu cara mengoptimalkan jam kerja di rumah adalah dengan membuat ruang kerja khusus tempat melakukan semua aktivitas pekerjaan. Bagi yang tidak mempunyai ukuran rumah yang cukup besar untuk membuat ruang kerja khusus. Jangan kecewa, karena ruang kerja bisa memanfaatkan lahan di mana saja dan tidak membutuhkan area yang luas, yang penting bagaimana cara menatanya supaya rumah tetap terlihat cantik dan tidak berantakan seperti kapal pecah.Area kerja di dalam rumah biasanya dibuat untuk memudahkan kita menyelesaikan suatu pekerjaan, baik yang dibawa dari kantor maupun pekerjaan rumah. Karena itu, sebaiknya area kerja ini diletakkan di tempat yang terpisah dari fungsi lain agar kegiatan kerja yang memerlukan konsentrasi tinggi itu tidak terganggu. Namun, keterbatasan lahan membuat pemilik rumah sulit membuat ruang kerja tersendiri. Meskipun demikian, ini bisa menyiasatinya dengan menciptakan area kerja di sudut rumah dengan cara memanfaatkan salah satu pojok ruang duduk, ruang makan, atau di sisi rumah lainnya. Sedangkan untuk ukurannya, standar minimal ruang kerja adalah 3x3 meter persegi. Ruang ini bisa menjadi bagian dari ruang terusan atau tata bagian ruang keluarga yang di dalamnya dilengkapi ruang hiburan atau ruang makan.

Kenyamanan adalah pertimbangan utama ketika membicarakan ruang kerja. Perlengkapan dasar seperti meja dan kursi harus mendapat prioritas utama. Pilihlah kursi dengan dudukan dan sandaran empuk. Agar punggung tidak pegal jika harus berlama-lama duduk. Bedakan penataan meja kerja di rumah dengan di kantor agar suasana tidak terasa monoton sehingga rasa bosan dapat tersingkirkan. Furnitur lainnya seperti lemari atau rak buku dibutuhkan dalam ruang kerja. Sejumlah furnitur ini sebaiknya dipilih yang betul-betul memenuhi kebutuhan kita dalam bekerja dan disusun secara kompak agar kerja dapat semakin efisien. Jangan lupa pula untuk menyediakan papan kecil, jam, kalender, tempat sampah, tempat untuk meletakkan perlengkapan ATK, dan juga tempat untuk menempel pesan. Kita juga bisa menempatkan sebuah pohon hias berwarna hijau untuk memberi sentuhan di ruang kerja. Kesejukan yang timbul pada warna hijau pohon bisa menimbulkan semangat dan gairah kerja. Untuk membuat suasana semakin menyenangkan, dapat pula meletakkan foto-foto kesayangan dan pernak-pernik lucu.

Jenis penerangan yang digunakan juga harus dapat memenuhi kebutuhan cahaya untuk ruang ini. Pastikan ruang kerja mendapat cahaya cukup. Jenis pertama, yaitu yang menerangi seluruh ruang, fungsinya agar cahaya menyebar secara merata. Berikutnya penerangan setempat untuk mendukung kegiatan-kegiatan khusus, seperti menulis, membaca, menggambar, dan lain-lain. Bentuknya bisa berupa lampu meja atau lampu sorot. Ruang kerja juga perlu diberi sentuhan warna tersendiri. Ini untuk mengurangi kebosanan dan rasa tidak mood untuk bekerja. Namun, untuk memilih warna tergantung pada karakter individunya masing-masing karena bila pilihan warna tidak sesuai dengan karakter pemakainya, ia bisa memengaruhi kinerja penggunanya. Misalnya saja, untuk orang yang energik, sebaiknya menggunakan warna terang seperti merah, oranye, kuning, dan ungu. Namun, untuk golongan orang yang serius, warna dingin seperti biru, hijau, dan cokelat tua dapat menjadi pilihan. Apabila ingin memberi kesan luas atau lapang, Cat dinding dengan warna pucat dan netral dapat digunakan.

Koneksi ke dunia luar adalah hal terakhir yang juga harus mendapat perhatian. Oleh karenanya, jangan lupa, ruang kerja di rumah sebaiknya dekat dengan koneksi internet serta telepon atau mesin fax. Selamat bekerja!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails